8 Makanan Khas Banjarmasin yang Lezat dan Wajib Dicoba

Image title
22 Maret 2022, 14:06
Ilustrasi, makanan khas Banjarmasin, sop mutiara.
cookpad.com
Ilustrasi, makanan khas Banjarmasin, sop mutiara.

Hobi wisata kuliner? Kota Banjarmasin barangkali cocok buat Anda yang ingin mencicipi sajian tradisional Indonesia. Berjuluk Kota Seribu Sungai, makanan khas Banjarmasin akan menggoyang lidah Anda dengan masakan khas bercita rasa rempah Nusantara.

Sekilas tentang Banjarmasin

Kota Banjarmasin adalah salah satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Mengutip banjarmasinkota.go.id, kota ini memiliki wilayah seluas 98,46 km2 yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai-sungai. Wilayah metropolitan Banjarmasin adalah Banjar Bakula, dengan jumlah penduduk kurang lebih 1,9 juta jiwa, berdasarkan sensus penduduk 2019.

Julukan Kota Seribu Sungai disematkan karena banyaknya sungai yang melintas di wilayah Kota Banjarmasin. Kota ini terletak dekat muara Sungai Barito dan dibelah oleh Sungai Martapura sehingga seolah-olah kota Banjarmasin terbelah dua.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat sekitar 102 sungai yang mengalir di Banjarmasin. Salah satu keunikan kota ini yaitu bayaknya anak sungai yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk aktivitas sehari-hari, seperti sarana transportasi.

Banjarmasin memiliki sasaran untuk menjadi kota Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) untuk Ibu Kota Negara (IKN). Beberapa jalan yang akan ditempuh termasuk pembangunan fasilitas, penataan, dan revitalisasi sungai untuk pariwisata dan transportasi.

Makanan Khas Banjarmasin

Makanan khas Banjarmasin yang cukup populer adalah soto banjar. Kuliner Kalimantan Selatan ini kaya akan rempah seperti kapulaga, cengkih dan kayu manis yang merebak dari kuah sotonya.

Makanan khas yang satu ini dibuat dengan isian daging ayam, ketupat, irisan telur rebus, perkedel kentang, bihun, seledri dan taburan daun bawang yang gurih dan nikmat.

Namun, bukan hanya soto banjar saja yang bisa Anda cicipi kalau berkunjung ke Banjarmasin. Masih banyak makanan khas lainnya yang siap menyambut para pelancong. Mengutip berbagai sumber, berikut makanan khas Banjarmasin:

1. Sop Mutiara

Makanan khas Banjarmasin yang pertama adalah sop mutiara. Bukan mutiara sungguhan, lewat kuliner ini wisatawan diajak untuk menikmati olahan daging ayam tradisional yang digiling dan dibentuk bulat seperi bakso berukuran kecil.

Walaupun diberi nama sop, kuahnya tidak seperti sup pada umumnya. Kuah sop mutiara biasanya menggunakan susu, pala, bawang putih dan bawang merah sehingga rasanya gurih.

Sop mutiara cocok disantap ketika cuaca dingin. Sop mutiara yang hangat terasa dua kali lebih nikmat.

2. Nasi Itik Gambut

Sesuai namanya, kuliner satu ini menggandeng itik sebagai sajian utamanya. Makanan khas Banjarmasin ini merupakan olahan nasi dan itik yang dimasak bersamaan dengan bumbu-bumbu khas, seperti habang. Cita rasa pedas manis akan langsung menyapa lidah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...