Menelusuri Sejarah Internet, Perkembangan dan Prediksi di Masa Depan

Image title
24 Maret 2022, 09:24
Ilustrasi internet. Sejarah internet dimulai dari kemunculan ARPANET yang diperuntukkan bagi penelitian, hingga kemunculan World Wide Web sebagai jaringan komunikasi global.
rawpixel.com
Ilustrasi internet. Sejarah internet dimulai dari kemunculan ARPANET yang diperuntukkan bagi penelitian, hingga kemunculan World Wide Web sebagai jaringan komunikasi global.

Internet menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Internet memungkinkan orang untuk mengakses informasi dan pengetahuan dan berkomunikasi. Sebelum adanya internet, orang harus menunggu lama untuk pembaruan informasi. Kini, informasi didapatkan dengan mudah dan sering diperbarui dalam waktu cepat.

Kemunculan internet mengubah cara masyarakat berkomunikasi dan menghapus hambatan dalam berkomunikasi. Melalui internet, masyarakat dapat langsung berbagi foto, mempublikasi berita, dan mengobrol dengan teman, keluarga, atau kolega dari seluruh dunia tanpa kesulitan.

Sejarah Internet

Internet hadir melalui proses yang panjang. Sejarah internet bermula pada tahun 1960-an dengan terciptanya ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network, sebagaimana dikutip dari History.com.

Pada tahun 1962, Dr. Joseph Carl Robnett Licklider merumuskan gagasan awal jaringan global dalam serangkaian memo yang disebut “Intergalactic Computer Network” atau “Jaringan Komputer Intergalaksi”.

Gagasan tersebut merupakan cikal bakal metode packet switching, yaitu metode untuk mentransmisikan data elektronik secara efektif yang kemudian menjadi pondasi dalam perkembangan internet.

Pada tahun 1965, ketua ilmuwan ARPA, Lawrence Roberts, menghubungkan dua komputer di tempat yang berbeda agar ‘berbicara’ dengan satu sama lain untuk pertama kalinya. Eksperimen dilakukan menggunakan saluran telepon dengan modem yang digabungkan secara akustik dan mentransfer data digital menggunakan metode packet switching.

Dari eksperimen tersebut, lahir proyek ARPANET yang didanai oleh Departemen Pertahanan AS. Cara kerjanya menggunakan metode packet switching untuk memungkinkan sejumlah komputer berkomunikasi pada satu jaringan.

Metode packet switching memudahkan komunikasi antar komputer karena pada tahun 1960-an, komputer berukuran besar dan tidak bergerak. Agar dapat memanfaatkan informasi yang disimpan di satu komputer, seseorang harus pergi ke lokasi komputer atau memiliki kaset komputer magnetik yang dikirim melalui sistem pos konvensional.

Proyek ARPANET merupakan sukses besar. Tetapi, keanggotaannya terbatas pada organisasi akademik dan penelitian tertentu yang memiliki kontrak dengan Departemen Pertahanan AS. Menanggapi hal ini, jaringan lain diciptakan untuk berbagi informasi.

Teknologi ini terus berkembang pada 1970-an setelah ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol atau TCP/IP, yaitu sebuah model komunikasi yang menetapkan standar cara data dapat ditransmisikan antara beberapa jaringan.

Sebuah pesan utuh dapat mengalami kendala saat dikirimkan melalui jaringan, sehingga pesan harus dikirim ulang. TCP/IP bekerja dengan memecah setiap pesan menjadi paket-paket kecil yang kemudian dirakit kembali saat diterima di komputer lain. Setiap paket dapat mengambil rute yang berbeda saat dikirim ke komputer lain, jika rute pertama tidak tersedia atau terhambat.

ARPANET mengadopsi  model TCP/IP pada tanggal 1 Januari 1983 yang merupakan awal perkembangan internet modern. Berdasarkan publikasi University System of Georgia, 1 Januari 1983 dianggap sebagai hari lahir internet secara resmi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...