Mengenal Macam Macam Zakat dan Ketentuan Perhitungannya

Image title
28 Maret 2022, 10:21
Ilustrasi, menghitung macam macam zakat yang wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu.
Unsplash/Towfiqu Barbhuiya
Ilustrasi, menghitung macam macam zakat yang wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu.

Menjelang bulan Ramadhan banyak umat muslim yang kembali menghitung pembayaran zakat. Karena zakat adalah kewajiban bagi muslim untuk ditunaikan. Salah satu zakat yang ada pada bulan ramashan hingga menjelang Idul Fitri adalah zakat fitrah.

Zakat dibayarkan dengan 3,5 liter makanan pokok dari daerah tempat Anda tinggal, dalam hal ini di Indonesia adalah beras. Selain zakat fitrah, ternyata masih banyak macam-macam zakat yang ada.

Advertisement

Dalil Pelaksanaan Zakat

Berikut dalil diwajibkannya pelaksanaan zakat:

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

(Q.S Al Baqarah: 267)

Selain zakat fitrah ada beberapa macam-macam zakat yang wajib Anda ketahui yang dikutip dari situs Prudential.co.id:

1.  Zakat Fitrah

Penjelasan pertama mengenai macam macam zakat dimulai dari zakat fitrah. Jenis zakat satu ini, wajib ditunaikan umat muslim adalah zakat fitrah. Seperti yang telah disebutkan di atas, zakat fitrah adalah jenis zakat yang wajib dibayarkan umat muslim ketika bulan Ramadan atau hari raya Idulfitri datang. Selanjutnya, zakat fitrah dapat dibayar dengan 3,5-liter makanan pokok dari daerah yang bersangkutan.  Di Indonesia biasanya orang akan memberikan beras.

Selain itu terdapat pula yang memberikan biji-bijian, gandum, hingga kurma kering untuk diberikan sebagai zakat fitrah, apabila di Indonesia bisa disesuaikan dengan makanan pokok seperti beras, jagung atau sagu. Fungsi zakat fitrah bertujuan mensucikan orang yang berpuasa dari ucapan kotor dan perbuatan dosa. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan makan kepada fakir miskin dengan cara membantu mencukupi kebutuhan fakir miskin.

2. Zakat Harta

Selain zakat fitrah, dalam macam macam zakat terdapat zakat harta atau zakat maal. Ada beberapa ketentuan dalam menjalankan zakat maal ini antara lain: zakat hasil pertambangan, hasil pertanian, hasil laut, hasil ternak, perak, dan ternak. Masing-masing jenis zakat memiliki ketentuan dan perhitungannya sendiri.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement