8 Cara Menghilangkan Bau Badan

Dwi Latifatul Fajri
28 Maret 2022, 13:21
Ilustrasi, seorang atlet menyeka keringatnya di sela latihan. Keringat menjadi salah satu penyebab bau badan, yang dipengaruhi bakteri di sekitar kulit. Ada banyak cara menghilangkan bau badan, di antaranya selalu mengeringkan keringat menggunakan handuk
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi, seorang atlet menyeka keringatnya di sela latihan. Keringat menjadi salah satu penyebab bau badan, yang dipengaruhi bakteri di sekitar kulit. Ada banyak cara menghilangkan bau badan, di antaranya selalu mengeringkan keringat menggunakan handuk bersih, dan menggunakan produk-produk perawatan tubuh, seperti deodoran.

Bau badan menjadi masalah beberapa orang hingga berdampak pada penampilan. Kondisi ini bisa dialami oleh pria atau wanita yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Dampak bau badan bisa menurunkan kepercayaan diri, rasa cemas, dan malu.

Penyebab Bau Badan

Penyebab bau badan karena bakteri yang ada di sekitar kulit. Ketika cuaca panas, bakteri akan bercampur dengan keringat sehingga mengeluarkan bau.

Advertisement

Keringat akan berbau asam dan tajam karena interaksi bakteri di kulit. Keringat berasal dari sekresi cairan di permukaan kulit. Mengutip dari medicalnewstoday.com, ada dua kelenjar keringat yaitu ekrin dan apokrin yang berperan menghasilkan keringat.

1. Kelenjar Ekrin

Kelenjar ekrin berfungsi mengeluarkan keringat langsung ke permukaan kulit. Ketika keringat menguap, akan membantu mengatur suhu tubuh dan mendinginkan tubuh.

2. Kelenjar Apokrin

Sedangkan kelenjar apokrin berfungsi membuka folikel rambut. Kelenjar apokrin ini umumnya ada di bagian ketiak dan selangkangan. Kelenjar ini menghasilkan keringat dan bisa berbau jika bersentuhan dengan bakteri di kulit.

Faktor Penyebab Bau Badan

Bau badan terjadi karena permukaan kulit lembab dan berkeringat, menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Beberapa orang dapat mengalami hiperhidrosis atau keringat berlebihan yang berdampak pada bau badan.

Berikut faktor penyebab bau badan secara umum:

  • Stress atau cemas
  • Cuaca Panas
  • Faktor genetik
  • Obesitas atau kegemukan
  • Latihan dan aktivitas Fisik
  • Makanan
  • Hormon
  • Obat-obatan

Cara Menghilangkan Bau Badan

Mengatasi bau badan wanita dan pria dimulai dari kebiasaan hidup sehat. Contohnya saja menjaga kebersihan dan pola makan. Berikut cara mengatasi bau badan:

1. Menggunakan Sabun Antibakteri

Sabun antibakteri membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Anda bisa membeli kemasan sabun batang atau cair. Setelah beraktivitas, anda bisa memakai sabun antibakteri untuk tubuh lebih segar dan mengurangi bau badan.

2. Menjaga Kebersihan

Kebiasaan menjaga kebersihan penting untuk mengurangi bau badan. Keringat bercampur bakteri di kulit menyebabkan bau badan di seluruh tubuh.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement