Mengenal Konsep dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Image title
28 Maret 2022, 19:17
Ilustrasi, peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Indonesia dikaruniai bonus demografi yang sangat besar, dengan jumlah penduduk usia produktif mencapai 70,72$ dari total populasi. Di sinilah fungsi manajemen sumber daya
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Ilustrasi, peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Indonesia dikaruniai bonus demografi yang sangat besar, dengan jumlah penduduk usia produktif mencapai 70,72$ dari total populasi. Di sinilah fungsi manajemen sumber daya manusia berperan, yakni untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada dalam bonus demografi ini.

Sejak dahulu Indonesia dikenal sebagai negara dengan sumber daya alam melimpah. Sehingga potensi perekonomian di bidang ini sangat tinggi. Meski begitu, semua potensi ini tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak dibarengi dengan penerapan fungsi manajemen sumber daya manusia.

Fungsi manajemen sumber daya manusia sangat penting, terlebih lagi Indonesia diklaim memiliki bonus demografi. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, persentase usia produktif (15-64 tahun) penduduk Indonesia tercatat terus meningkat.

Berdasarkan data BPS, pada 1971 misalnya, komposisi penduduk usia produktif hanya sekitar 63,64 juta jiwa atau 53,39% dari total populasi yang sebanyak 119,21 juta jiwa. Angka tersebut meningkat tajam, tepatnya pada 2020 menjadi kurang lebih 191,1 juta jiwa atau 70,72% dari total populasi yang sebanyak 270,2 juta jiwa.

Dari uraian data di atas, bonus demografi dengan usia penduduk Indonesia yang tergolong produktif harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Salah satu caranya yaitu memaksimalkan fungsi manajemen sumber daya manusia.

Memaksimalkan fungsi manajemen sumber daya manusia akan membawa dampak baik pada pengelolaan potensi-potensi ekonomi di Indonesia. Namun, semua itu perlu usaha dari berbagai pihak, karena untuk mewujudkannya cukup sulit.

Untuk lebih mudah memahami apa itu fungsi manajemen sumber daya manusia dan bagaimana konsepnya bekerja, simak pembahasannya berikut ini.

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Ekonomi

Mengelola sumber daya manusia memang bukan pekerjaan yang mudah. Baik di tingkat organisasi kecil sampai perusahaan besar pun seringkali menghadapi kendala dalam mengaturnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah sumber daya manusia mengacu pada potensi manusia yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Dikutip dari Harvard Business Review,  seorang ahli teori bisnis asal Amerika bernama C. Wickham Skinner menyebut beberapa faktor yang menyulitkan untuk menerapkan fungsi manajemen sumber daya manusia yaitu struktur perusahaan, ukurannya, keragamannya, dan alokasi wewenangnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan manajemen sumber daya manusia menghadapi masalah mendasar yang lebih lanjut. Guna memperoleh dan mengembangkan bakat dari individu yang tepat untuk bisnis seiring perubahan strategi, teknologi, serta produk memerlukan perencanaan jangka panjang yang lebih cerdas, bijaksana daripada upaya perusahaan lainnya. Dari penjelasan ini, singkatnya untuk mengelola sumber daya manusia diperlukan waktu dan perencanaan yang sangat matang.

Sementara itu merujuk dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia yang disusun oleh Dewi Hanggraeni, pengelolaan sumber daya manusia berhubungan dengan bagaimana sebuah organisasi (profit dan non-profit) merancang sistem formal. Sistem ini harus menjamin pemanfaatan sumber daya manusia yang efektif dan efisien untuk mendukung pencapaian tujuan serta rencana strategis organisasi.

Masih mengutip dari buku yang sama, aktivitas manajemen sumber daya manusia meliputi proses memperoleh, melatih, mengembangkan, menilai, mengkompensasi, dan merencanakan karir pekerja. Kemudian hal yang tidak boleh diabaikan juga yaitu memperhatikan hubungan ketenagakerjaan, kesehatan, keselamatan, keamanan, serta keadilan pekerja.

Dalam buku Manajemen Sumberdaya Manusia Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM, dijelaskan bahwa konsep dan ruang lingkup manajemen sumber daya manusia begitu kompleks. Namun secara sederhana istilah ini bisa diartikan sebagai perencanaan sistematis, pengembangan, kontrol jaringan dari semua proses yang berhubungan dan melibatkan semua orang dalam organisasi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...