Karakteristik dan Fungsi Tulang Hasta pada Tubuh Manusia

Image title
28 Maret 2022, 19:31
Ilustrasi, tulang hasta. Fungsi tulang hasta paling utamanya salah satunya yaitu memungkinkan tangan bergerak bebas dan meningkatkan rotasinya.
devianart.com
Ilustrasi, tulang hasta. Fungsi tulang hasta paling utamanya salah satunya yaitu memungkinkan tangan bergerak bebas dan meningkatkan rotasinya.

Dalam sistem anatomi tubuh manusia, tulang memiliki peranan penting. Ini pun berlaku pada fungsi tulang hasta yang berperan menghubungkan pergelangan tangan dengan lengan atas.

Sama seperti tulang lainnya, fungsi tulang hasta tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Sebab, keberadaan tulang ini pada sistem kerangka tubuh manusia sangatlah penting.

Untuk mengetahui apa itu tulang hasta dan fungsi tulang hasta pada tubuh manusia, berikut pembahasan lengkapnya.

Apa Itu Tulang Hasta?

Dalam bahasa Inggris, tulang hasta disebut "ulna". Tulang ini salah satu dari dua tulang yang memberi struktur pada lengan bawah. 

Menurut Healthline, tulang hasta terletak di sisi berlawanan dari lengan bawah dari ibu jari. Tulang tersebut terhubung dengan humerus di ujungnya yang lebih besar untuk membuat sendi siku, dan bergabung dengan tulang karpal tangan di ujungnya yang lebih kecil.

Fungsi tulang hasta sebenarnya sama saja dengan tulang lainnya pada tubuh manusia. Mengingat letaknya berada di pergelangan tangan, tulang hasta berperan untuk mendukung fungsi dari bagian tersebut.

Dijelaskan dalam situs Mayoclinic.org, pada bagian lengan terdapat tiga struktur tulang yang menjadi pembentuknya. Pertama adalah tulang lengan atas atau humerus, dan dua tulang lainnya adalah tulang lengan bawah (hasta dan radius). Saat seseorang mengalami patah tulang, cidera ini akan merujuk pada pada patah tulang di salah satu tulang tersebut.

Sebagai tulang lengan bawah, fungsi tulang hasta paling utamanya salah satunya yaitu memungkinkan tangan bergerak bebas dan meningkatkan rotasinya. Tulang ini sangat rawan cidera akibat aktivitas fisik berat atau semacamnya.

Karakteristik Tulang Hasta

Dilansir dari Verrywell Health, fungsi tulang hasta dalam kaitannya dengan jari-jari, memungkinkan manusia memiliki jangkauan gerak yang lebih luas di lengan bawah dibandingkan dengan mamalia lain.

Tulang hasta membentuk bagia lengan bawah. Ujung atasnya bertemu dengan ujung tulang humerus serta satu sisi jari. Ukurannya cukup panjang tetapi teksturnya lebih tipis. Tulang ini seringkali lebih mudah retak akibat aktivitas fisik berat.

Dalam tubuh manusia, terdapat 4 macam tulang. Untuk tulang hasta, tulang tersebut masuk ke dalam kelompok tulang panjang atau tulang pipa. Tulang pipa merupakan jenis tulang yang bentuknya mirip tabung atau pipa. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...