Pengertian Komunikasi Virtual dan Jenisnya

Komunikasi virtual merupakan cara berkomunikasi menggunakan perangkat lunak komputer. Kemajuan teknologi informasi memudahkan komunikasi antar individu tanpa tatap muka.
Dwi Latifatul Fajri
29 Maret 2022, 18:16
Ilustrasi, video conference. Pengguna aplikasi pertemuan atau meeting secara virtual makin meningkat di tengah pandemi Covid-19. Kemajuan teknologi informasi memungkinkan manusia saling terhubung satu sama lain tanpa tatap muka.
ANTARA
Ilustrasi, video conference. Pengguna aplikasi pertemuan atau meeting secara virtual makin meningkat di tengah pandemi Covid-19. Kemajuan teknologi informasi memungkinkan manusia saling terhubung satu sama lain tanpa tatap muka.

Kemudahan teknologi mengubah berbagai kegiatan seperti berkirim pesan, telepon, hingga belanja secara daring atau online. Industri teknologi sekarang ini mengembangkan komunikasi virtual yang biasa diakses melalui gawai, internet, dan aplikasi.

Adanya komunikasi virtual memudahkan kebutuhan masyarakat dalam berbagai bidang. Contohnya bidang pendidikan, sosial, politik, dan ekonomi.

Komunikasi virtual bisa diakses melalui gawai dan terhubung ke internet. Tak hanya ponsel dan komputer, sekarang ini komunikasi virtual bisa dilakukan melalui smart TV, notebook, netbook, hingga jam tangan pintar (smartwatch).

Pengertian Virtual

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), virtual memiliki tiga makna. Pertama, sesuatu yang nyata. Virtual juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang mirip dengan sesuatu yang dijelaskan. Terakhir, virtual dapat diartikan tampil atau hadir menggunakan perangkat lunak komputer, contohnya internet.

Advertisement

Virtual berkaitan dengan perkembangan komunikasi dan teknologi. Contohnya saja pertemuan virtual yang diadakan melalui aplikasi Zoom atau Google Meet.

Komunikasi virtual menjadi tempat pertemuan secara online. Adanya komunikasi virtual memudahkan pengguna berkomunikasi tanpa bertemu langsung.

Mengutip buku "Komunikasi Kontemporer" karya DR. Nasrul Syarif, komunikasi virtual diartikan sebagai proses penyampaian pesan yang dikirimkan melalui internet atau cyberspace.

Komunikasi ini bisa disebut virtual reality pada ruang lingkup dunia maya melalui internet. Komunikasi virtual identik dengan komunikasi kontemporer yaitu sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini.

Jenis Komunikasi Virtual

1. Electronik Mail (Email)

Email adakah pesan teks elektronik yang dikirimkan melalui jaringan internet. Adanya email mempermudah kebutuhan manusia untuk komunikasi ke teman, keluarga, hingga kerja.

Sekarang ini email digunakan untuk transaksi bisnis, aplikasi lamaran kerja, dan promosi. Tetapi, email sering disalahgunakan untuk penipuan hingga pesan spam.

2. Chat

Chat atau percakapan secara online digunakan pengguna untuk mengenal satu sama lain. Tak hanya berkirim pesan, sekarang ini chat bisa dilakukan dengan melihat wajah, mendengar suara, dan dilakukan banyak orang.

Internet Relay Chat adalah tempat pertemuan seperti forum online untuk berkomunikasi. Sekarang ini aplikasi virtual seperti WhatsApp, Instagram, Line, hingga Telegram menyediakan fitur video call dan mengirim pesan secara bersamaan.

3. World Wide Web (www)

World wide web merupakan sebuah sistem informasi membentuk teks, gambar, dan suara. Informasi tersebut dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan diakses melalui perangkat lunak.

Adanya website membantu untuk berbagai kebutuhan seperti iklan, majalah, surat kabar, nonton online, dan transaksi. Website bisa dibuka selama 24 jam tanpa terbatas ruang dan waktu.

4. Komunikasi Formal

Mengutip dari baktikominfo.id, termasuk jenis komunikasi yang dilakukan ketika acara resmi (formal). Tujuan komunikasi formal ini berhubungan dengan kepentingan umum. Contoh komunikasi formal yaitu konferensi video, siaran pers, surat perintah, dan rapat online.

5. Komunikasi Jaringan Kerja

Jenis komunikasi ini berhubungan dengan pekerjaan. Komunikasi virtual yang dipakai khusus antar pegawai, contohnya pemakaian email, skype, WhatsApp untuk komunikasi.

6. Komunikasi Kelompok

Jenis komunikasi virtual ini dilakukan secara berkelompok. Tujuan diadakan komunikasi kelompok ini untuk menyebarkan informasi khusus pada kelompok atau orang yang tergabung di dalamnya.

7. Komunikasi Non Formal

Jenis komunikasi yang diadakan secara tidak resmi. Contoh komunikasi virtual sifatnya pribadi seperti pertemuan keluarga secara online.

8. Komunikasi Informal

Komunikasi informal bertujuan untuk menjaga hubungan sosial. Contohnya pesan dan obrolan yang dikirimkan pada seseorang atau kelompok tanpa terencana.

Aplikasi Virtual

1. WhatsApp

Aplikasi virtual WhatsApp digunakan untuk aplikasi formal maupun non formal. Aplikasi ini menyediakan fitur kirim pesan dan video call.

2. Skype

Skype adalah aplikasi buatan Microsoft yang bisa digunakan untuk panggilan video, audio, dan pesan (chat). Fitur aplikasi Skype hampir sama seperti Zoom yang digunakan untuk video call banyak orang.

3. Google Meet

Google Meet merupakan platform video konferensi yang bisa dipakai untuk laptop dan ponsel.

Aplikasi virtual populer untuk edit dan membuat dokumen adalah Office 365. Microsoft Teams menggabungkan fitur chat video dan audio call menggunakan aplikasi Office seperti PowerPoint, Excel, dan Word.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait