Pengertian Komunikasi Virtual dan Jenisnya

Dwi Latifatul Fajri
29 Maret 2022, 18:16
Ilustrasi, video conference. Pengguna aplikasi pertemuan atau meeting secara virtual makin meningkat di tengah pandemi Covid-19. Kemajuan teknologi informasi memungkinkan manusia saling terhubung satu sama lain tanpa tatap muka.
ANTARA
Ilustrasi, video conference. Pengguna aplikasi pertemuan atau meeting secara virtual makin meningkat di tengah pandemi Covid-19. Kemajuan teknologi informasi memungkinkan manusia saling terhubung satu sama lain tanpa tatap muka.

Kemudahan teknologi mengubah berbagai kegiatan seperti berkirim pesan, telepon, hingga belanja secara daring atau online. Industri teknologi sekarang ini mengembangkan komunikasi virtual yang biasa diakses melalui gawai, internet, dan aplikasi.

Adanya komunikasi virtual memudahkan kebutuhan masyarakat dalam berbagai bidang. Contohnya bidang pendidikan, sosial, politik, dan ekonomi.

Komunikasi virtual bisa diakses melalui gawai dan terhubung ke internet. Tak hanya ponsel dan komputer, sekarang ini komunikasi virtual bisa dilakukan melalui smart TV, notebook, netbook, hingga jam tangan pintar (smartwatch).

Pengertian Virtual

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), virtual memiliki tiga makna. Pertama, sesuatu yang nyata. Virtual juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang mirip dengan sesuatu yang dijelaskan. Terakhir, virtual dapat diartikan tampil atau hadir menggunakan perangkat lunak komputer, contohnya internet.

Virtual berkaitan dengan perkembangan komunikasi dan teknologi. Contohnya saja pertemuan virtual yang diadakan melalui aplikasi Zoom atau Google Meet.

Komunikasi virtual menjadi tempat pertemuan secara online. Adanya komunikasi virtual memudahkan pengguna berkomunikasi tanpa bertemu langsung.

Mengutip buku "Komunikasi Kontemporer" karya DR. Nasrul Syarif, komunikasi virtual diartikan sebagai proses penyampaian pesan yang dikirimkan melalui internet atau cyberspace.

Komunikasi ini bisa disebut virtual reality pada ruang lingkup dunia maya melalui internet. Komunikasi virtual identik dengan komunikasi kontemporer yaitu sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini.

Jenis Komunikasi Virtual

1. Electronik Mail (Email)

Email adakah pesan teks elektronik yang dikirimkan melalui jaringan internet. Adanya email mempermudah kebutuhan manusia untuk komunikasi ke teman, keluarga, hingga kerja.

Sekarang ini email digunakan untuk transaksi bisnis, aplikasi lamaran kerja, dan promosi. Tetapi, email sering disalahgunakan untuk penipuan hingga pesan spam.

2. Chat

Chat atau percakapan secara online digunakan pengguna untuk mengenal satu sama lain. Tak hanya berkirim pesan, sekarang ini chat bisa dilakukan dengan melihat wajah, mendengar suara, dan dilakukan banyak orang.

Internet Relay Chat adalah tempat pertemuan seperti forum online untuk berkomunikasi. Sekarang ini aplikasi virtual seperti WhatsApp, Instagram, Line, hingga Telegram menyediakan fitur video call dan mengirim pesan secara bersamaan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...