Mengenal Kepribadian Ambivert, Ciri Ciri, Kelebihan, dan Kekurangan

Dwi Latifatul Fajri
30 Maret 2022, 12:51
Ilustrasi, bersosialisasi. Seseorang yang memiliki kepribadian ambivert memiliki kecenderungan menyendiri seperti introvert, namun juga mampu menyesuaikan dengan lingkungan dan nyaman di kerumunan, seperti ekstrovert.
Pexels.com/Fox
Ilustrasi, bersosialisasi. Seseorang yang memiliki kepribadian ambivert memiliki kecenderungan menyendiri seperti introvert, namun juga mampu menyesuaikan dengan lingkungan dan nyaman di kerumunan, seperti ekstrovert.

Ambivert termasuk jenis kepribadian manusia, seperti introvert dan ekstrovert. Tipe kepribadian ambivert ini tergolong unik, karena memiliki sikap berubah-ubah antara introvert dan ekstrovert.

Salah satu cara mengetahui tipe kepribadian ambivert ini bisa melalui tes psikologi. Sekarang ini banyak tes online gratis maupun berbayar, untuk melihat tipe-tipe kepribadian.

Advertisement

Pengertian Ambivert

Ambivert adalah tipe kepribadian yang dapat berubah menjadi ekstrovert dan introvert. Ambivert merupakan gabungan dari dua kepribadian manusia. Seseorang yang memiliki tipe kepribadian ini akan mengubah sikapnya sesuai situasi.

Tipe kepribadian ambivert memiliki sifat fleksibel dalam beraktivitas dan berinteraksi. Namun, seseorang yang memiliki kepribadian ambivert cenderung memiliki perasaan berubah-ubah (moody).

Individu yang memiliki kepribadian ambivert suka menyendiri dan tidak mudah berbicara seperti introvert. Namun, mereka juga mudah bersosialisasi seperti ekstrovert.

Mengutip dari hellosehat.com, istilah introvert dan ekstrovert diperkenalkan pertama kali oleh Swiss Carl G. Jung. Tahun 1990-an, Swiss Carl Jung menjelaskan tipe kepribadian introvert yang lebih suka menyendiri. Sedangkan tipe kepribadian ekstrovert mudah bersosialisasi dan ramah pada orang.

Ciri Ciri Ambivert

Secara umum kepribadian ambivert lebih fleksibel ketika berada di situasi yang berbeda. Mereka merasa nyaman ketika berada di keramaian.

Kepribadian ambivert lebih menyukai suasana sekeliling, meskipun dia tidak berinisiatif memulai percakapan. Hal ini berbeda dengan tipe kepribadian ekstrovert yang lebih aktif memulai percakapan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement