5 Rekomendasi Ide Bisnis Kreatif Anak Muda

Image title
30 Maret 2022, 18:11
Ilustrasi, seorang dosen mengamati karya seni desain grafis karya mahasiswa secara virtual. Ada banyak ide bisnis yang dapat dijalankan anak muda. Salah satu ide bisnis kreatif anak muda yang layak dijajal adalah desain grafis.
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.
Ilustrasi, seorang dosen mengamati karya seni desain grafis karya mahasiswa secara virtual. Ada banyak ide bisnis yang dapat dijalankan anak muda. Salah satu ide bisnis kreatif anak muda yang layak dijajal adalah desain grafis.

Para anak muda dikenal dengan semangat dan jiwa yang menggelora untuk melakukan aktivitas. Salah satunya dalam melakukan bisnis. Pada umumnya dengan semangat membara tersebut, ide bisnis kreatif anak muda akan sangat berwarna. Meski demikian mada ada anak muda yang masih berusaha dan belum mendapatkan pekerjaan.

Sebagai alternatif dari sulitnya untuk mendapat pekerjaan tersebut, banyak anak muda yang mencoba melakukan bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Minat anak muda untuk menjadi seorang pebisnis pun kini semakin tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya banyak bisnis usaha baru yang bergerak di berbagai bidang.

Advertisement

Di sisi lain pada era 4.0 ini, teknologi menjadi panduan yang dimanfaatkansebagai peluang berbagai usaha bisnis, seperti membuka toko dan jasa secara online. Bisnis usaha online tersebut dapat memudahkan serta memberikan peluang yang besar kepada anak muda yang ingin memulai bisnisnya.

Bisnis usaha yang awalnya dimulai kecil-kecilan jika terus ditekunkan dapat berkembang menjadi sangat besar hingga menghasilkan banyak keuntungan dan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

5 Ide Bisnis Kreatif Anak Muda

Berikut sejumlah rekomendasi ide bisnis kreatif anak muda yang dilansir dari Gramedia.com dan bisa menjadi panduan:

1. Jualan Pakaian Bekas

Berdagang pakaian bekas saat ini dikenal dengan istilah thrift shop. Produk yang diperjualbelikan di thrift shop dapat berupa baju, celana, tas, sepatu, topi, aksesoris, dan berbagai produk bekas lainnya. Produk pakaian yang dapat dibeli untuk memulai bisnis usaha ini biasanya dijual secara karungan.

Di pasaran untuk mendapat satu karung pakaian kurang lebih memiliki harga sekitar satu juta rupiah. Di dalam satu karung pakaian tersebut biasanya berisi 50-100 pakaian acak. Seluruh pakaian tersebut tidak selalu memiliki kondisi yang sempurna.

Tak jarang ditemukan pakaian dengan kondisi cacat, seperti robek atau memiliki kancing yang lepas. Produk yang cacat tersebut dapat kamu perbaiki terlebih dahulu sebelum dijual. Kamu juga perlu mencuci seluruh pakaian yang ingin kamu jual terlebih dahulu untuk memastikan kebersihannya.

Karena saat ini sedang menjadi tren, harga jual pakaian bekas dari luar negeri bisa mencapai kisaran harga Rp50.000,00–Rp150.000,00.

2. Cuci Kendaraan

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement