8 Rekomendasi Obat Diare Dewasa Alami

Berikut delapan obat diare dewasa alami yang mudah untuk dibuat di rumah dengan harga murah.
Image title
31 Maret 2022, 12:18
Ilustrasi, orang menderita diare. Ada banyak obat diare dewasa alami yang dapat digunakan untuk meredakan diare.
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi, orang menderita diare. Ada banyak obat diare dewasa alami yang dapat digunakan untuk meredakan diare.

Salah satu penyakit yang menyerang alat pencernaan adalah diare. Tentunya diare akan membuat perut mulas tidak tertahankan, Anda juga capek harus bolak-balik untuk menuntaskan urusan di kamar kecil. Diare umumnya memang dapat sembuh dalam 2-3 hari dengan cukup minum air dan istirahat.

Mengenal Penyebab Diare

Dilansir dari Alodokter.com, diare umumnya disebabkan oleh virus atau, terkadang, makanan yang terkontaminasi. Jarang sekali menjadi tanda gangguan lain, seperti penyakit radang usus atau sindrom iritasi usus.

Gejala berupa sering buang air besar encer dan nyeri perut. Kebanyakan kasus dapat sembuh dengan sendirinya. Dalam beberapa kasus infeksi mungkin perlu antibiotik. Kasus yang parah dapat menyebabkan dehidrasi sehingga membutuhkan cairan intravena.

Advertisement

Rekomendasi Obat Diare Dewasa Alami

Berikut rekomendasi obat diare dewasa alami yang bisa digunakan dan mudah ditemukan di sepanjang lingkungan. Obat diare dewasa alami ini juga tidak menyebaban efek samping bagi tubuh.

1. Membuat Oralit

Pilihan obat diare dewasa alami yang pertama adalah oralit. Cara membuatnya cukup mudah dengan melarutkan gula pasir sebanyak enam sendok teh dengan setengah sendok teh garam dengan satu liter air. Setelah itu penderita dapat mengkonsumsi empat sampai enam jam sekali.

Kandungan garam bisa menahan simpanan cairan pada tubuh, sedangkan untuk gula dapat membantu tubuh supaya dapat menyerap garam. Kombinasi gula dan garam bisa menghindarkan dehidrasi bagi penderita yang mengalami diare.

2. Konsumsi Buah Pisang

Rekomendasi obat diare dewasa alami berikutnya adalah buah pisang. Karena di dalamnya mengandung banyak kalium yang dapat menggantikan elektrolit dari tubuh yang hilang karena diare yang terlalu parah. Pisang memiliki kandungan pektin dan serat yang bisa membantu untuk menyerap cairan dalam usus. Dengan demikian tinja yang keluar menjadi lebih padat dan tidak berair.

3. Konsumsi Kentang

Kandungan kentang yang berupa kalium yang dapat menghentikan gejala diare. Pada saat Anda akan mengolahnya, sebaiknya Anda mengupas kulit kentang hingga bersih kemudian merebus atau mengukus kentang. Anda bisa menambahkan garam sedikit namun Anda tidak dianjurkan untuk menambahkan mentega, saus pedas, bumbu asam, margarin maupun bumbu lain yang dapat memperparah diare.

4. Perbanyak Cairan

Mengonsumsi cairan yang banyak bisa menjadi obat diare alami sekaligus mencegah dehidrasi. Pelan-pelan tingkatkan porsi cairan yang Anda minum, setidaknya satu liter per jam selama satu hingga dua jam.

Meski termasuk cairan, alkohol dan kafein bukan obat alami untuk diare. Keduanya mengandung kafein yang bisa membuat Anda buang air kecil lebih sering sehingga bisa memperparah gejala diare.

5. Teh Jahe

Teh jahe dapat digunakan sebagai obat alami untuk menangani rasa tak nyaman di bagian perut. Bersifat antiradang, antinyeri, antibakteri, dan memiliki kandungan antioksidan, jahe bisa menenangkan perut yang melilit akibat diare.

Sebuah penelitian pernah menunjukan bahwa zat yang dimiliki jahe dapat bekerja untuk memblokir racun dari bakteri penyebab diare dalam perut. Jahe juga bantu mencegah cairan menumpuk di dalam usus. Sehingga, rasa mual, muntah, atau kejang perut berkurang ketika Anda mengonsumsinya.

6. Lada Putih

Lada putih adalah biji lada yang diolah saat kondisinya sudah matang sempurna dan kemudian dikeringkan. Lada putih kering biasanya digunakan untuk mengobati sakit perut, diare, dan kolera karena mengandung piperine. Piperine dilaporkan dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

7. Konsumsi Wortel

Wortel memiliki kandungan pektin yang dapat membantu untuk menyerap cairan khusus yang berlebih sehingga menjadikan tinja yang keluar menjadi lebih padat. Sayur wortel dapat Anda masak dengan membuat menjadi bubur. Selain wortel, kacang hijau maupun buah bit juga dapat dijadikan sebagai pilihannya.

8. Konsumsi Gandum

Cara mengatasi diare alami yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung gandum misalnya seperti pasta gandum maupun roti putih. Kedua makanan tersebut mengandung serat yang sedikit sehingga akan lebih mudah dicerna pada bagian sistem pencernaan yang bermasalah.

Catatan Dalam Penggunaan Obat Diare Dewasa Alami

Apabila Anda ingin menggunakan obat-obatan alami, ada hal yang perlu menjadi catatan, antara lain:

  • Konsultasi ke dokter mengenai penanganan diare dengan oralit, terutama jika Anda memiliki hipertensi.
  • Pastikan bahwa Anda tidak punya alergi dengan bahan-bahan alami yang disebutkan.
  • Jauhi penggunaan suplemen probiotik jika Anda sedang menggunakan obat penekan kekebalan tubuh.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait