8 Rekomendasi Obat Diare Dewasa Alami

Image title
31 Maret 2022, 12:18
Ilustrasi, orang menderita diare. Ada banyak obat diare dewasa alami yang dapat digunakan untuk meredakan diare.
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi, orang menderita diare. Ada banyak obat diare dewasa alami yang dapat digunakan untuk meredakan diare.

Salah satu penyakit yang menyerang alat pencernaan adalah diare. Tentunya diare akan membuat perut mulas tidak tertahankan, Anda juga capek harus bolak-balik untuk menuntaskan urusan di kamar kecil. Diare umumnya memang dapat sembuh dalam 2-3 hari dengan cukup minum air dan istirahat.

Mengenal Penyebab Diare

Dilansir dari Alodokter.com, diare umumnya disebabkan oleh virus atau, terkadang, makanan yang terkontaminasi. Jarang sekali menjadi tanda gangguan lain, seperti penyakit radang usus atau sindrom iritasi usus.

Gejala berupa sering buang air besar encer dan nyeri perut. Kebanyakan kasus dapat sembuh dengan sendirinya. Dalam beberapa kasus infeksi mungkin perlu antibiotik. Kasus yang parah dapat menyebabkan dehidrasi sehingga membutuhkan cairan intravena.

Rekomendasi Obat Diare Dewasa Alami

Berikut rekomendasi obat diare dewasa alami yang bisa digunakan dan mudah ditemukan di sepanjang lingkungan. Obat diare dewasa alami ini juga tidak menyebaban efek samping bagi tubuh.

1. Membuat Oralit

Pilihan obat diare dewasa alami yang pertama adalah oralit. Cara membuatnya cukup mudah dengan melarutkan gula pasir sebanyak enam sendok teh dengan setengah sendok teh garam dengan satu liter air. Setelah itu penderita dapat mengkonsumsi empat sampai enam jam sekali.

Kandungan garam bisa menahan simpanan cairan pada tubuh, sedangkan untuk gula dapat membantu tubuh supaya dapat menyerap garam. Kombinasi gula dan garam bisa menghindarkan dehidrasi bagi penderita yang mengalami diare.

2. Konsumsi Buah Pisang

Rekomendasi obat diare dewasa alami berikutnya adalah buah pisang. Karena di dalamnya mengandung banyak kalium yang dapat menggantikan elektrolit dari tubuh yang hilang karena diare yang terlalu parah. Pisang memiliki kandungan pektin dan serat yang bisa membantu untuk menyerap cairan dalam usus. Dengan demikian tinja yang keluar menjadi lebih padat dan tidak berair.

3. Konsumsi Kentang

Kandungan kentang yang berupa kalium yang dapat menghentikan gejala diare. Pada saat Anda akan mengolahnya, sebaiknya Anda mengupas kulit kentang hingga bersih kemudian merebus atau mengukus kentang. Anda bisa menambahkan garam sedikit namun Anda tidak dianjurkan untuk menambahkan mentega, saus pedas, bumbu asam, margarin maupun bumbu lain yang dapat memperparah diare.

4. Perbanyak Cairan

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...