Memahami Komitmen, Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
1 April 2022, 13:01
Ilustrasi, pekerja beraktivitas di ruang kerja. Dalam hubungan profesional, seorang karyawan atau pekerja juga dituntut memiliki komitmen tinggi terhadap perusahaan.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, pekerja beraktivitas di ruang kerja. Dalam hubungan profesional, seorang karyawan atau pekerja juga dituntut memiliki komitmen tinggi terhadap perusahaan.

Kunci kesuksesan sebuah hubungan adalah komitmen. Tak hanya hubungan percintaan, komitmen dibutuhkan dalam pertemanan, keluarga, organisasi, hingga kerja.

Secara umum, komitmen adalah suatu keadaan dimana seseorang menjalin keterikatan pada diri sendiri dan orang lain. Komitmen juga bisa dilakukan melalui perjanjian.

Tujuan komitmen yaitu mempertahankan hubungan untuk berbagai hal seperti organisasi, pasangan, pertemanan, dan keluarga.Misalnya dalam lingkup organisasi, komitmen bertujuan untuk mempertahankan anggota.

Keterikatan dalam komitmen terlihat dari tindakan atau perilaku. Seseorang dapat sukarela atau terpaksa dalam hubungan tersebut. Komitmen bisa juga sebagai kewajiban seseorang untuk mengikat contohnya dalam pernikahan.

Pengertian Komitmen

Kata komitmen berasal dari bahasa latin yaitu "commiter" artinya menyatukan, mengerjakan, menggabungkan, dan mempercayai.  Dalam buku Bisnis dan Kewirausahaan, arti komitmen yaitu sikap setia dan tanggung jawab seseorang terhadap orang lain, diri sendiri, organisasi, dan hal tertentu.

Meski bertanggung jawab dan setia, tujuan dari komitmen yaitu memberi jaminan. Adanya jaminan ini sesuai dengan isi komitmen sehingga tidak mengubah masa depan.

Selain setia dan perjanjian, komitmen juga terlihat dari tindakan. Seseorang akan memberi pengakuan dan tindakan sebenarnya setelah berkomitmen.

Sekarang ini dalam dunia kerja, organisasi, dan hubungan manusia dibutuhkan komitmen. Kemampuan melakukan komitmen ini dibutuhkan dalam organisasi dan perusahaan. Manfaat komitmen dalam dunia kerja yaitu kemampuan bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam melakukan tugas.

Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli

1. Greenberg

Komitmen adalah kesediaan karyawan untuk memihak suatu organisasi tertentu. Tujuan komitmen yaitu ikut serta dan niat untuk memelihara keanggotaan dalam organisasi.

2. Steers dan Porter

Komitmen adalah suatu keadaan dimana individu menjadi terikat oleh tindakannya. Dampaknya akan menimbulkan keyakinan yang menunjang aktivitas dan keterlibatan.

3. Welsch dan La Van

Komitmen merupakan sebuah dimensi perilaku yang penting dan dapat digunakan untuk menilai keterikatan karyawan pada perusahaan.

4. Sri Kuntjoro

Arti komitmen dalam organisasi yaitu rasa identifikasi, keterlibatan, dan loyalitas yang dinyatakan seseorang terhadap organisasi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement