8 Cara Menghemat Air di Rumah Beserta Manfaatnya

Image title
5 April 2022, 14:33
Ilustrasi, mematikan keran air jika tidak dipakai merupakan salah satu cara menghemat air.
Pexels/Nithin PA
Ilustrasi, mematikan keran air jika tidak dipakai merupakan salah satu cara menghemat air.

Setiap orang jelas membutuhkan air untuk bertahan hidup. Tanpa air, manusia dapat jatuh sakit, bahkan meninggal. Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Namun, air bersih merupakan sumber daya yang terbatas.

Bumi terdiri dari 70 persen air. Namun, menurut National Geographic hanya 2,5 persen air dapat dikonsumsi. UNICEF sebelumnya melaporkan, lebih dari dua miliar orang tinggal di negara yang kekurangan pasokan air. Pada awal 2025, diprediksi bahwa setengah dari populasi dunia mengalami kelangkaan air.

Adanya kekeringan parah yang terjadi di dunia membuat persediaan air bersih berkurang. Penggunaan air berlebih juga dapat mengurangi pasokan air, terutama saat musim kemarau. Maka dari itu, seluruh masyarakat di dunia dihimbau untuk menghemat air.

Menghemat air berarti menggunakan persediaan air dengan bijak dan bertanggung jawab. Menghemat air itu penting untuk menjaga persediaan, kemurnian, dan kebersihan air sekaligus melindungi lingkungan. Cara menghemat air dapat dilakukan mulai dari rumah.

Cara Menghemat Air di Rumah

Adapun cara menghemat air dijelaskan sebagai berikut.

1. Matikan keran jika tidak dipakai

Cara menghemat air yang sederhana dapat dilakukan dengan matikan keran jika tidak terpakai. Laporan San Diego Union Tribune mengungkapkan, sekitar dua galon air mengalir dari keran setiap menit.

Hal sederhana seperti mematikan air saat menyikat gigi dapat menghemat hingga tiga atau empat galon air per orang per hari. Selain itu, air dapat dihemat dengan mematikan keran saat mencuci piring. Jangan biarkan keran menyala jika tidak dipakai.

2. Kurangi air saat mandi

Saat mandi, gunakan pancuran mandi dan keran yang hemat air. Jangan terlalu lama mandi. Air dapat dihemat dengan mengurangi waktu mandi, karena setiap menit menghemat sekitar dua setengah galon air.

3. Merawat peralatan pipa air, keran dan penampungan air dengan baik

Kebocoran pipa, keran, dan penampungan air berakibat terbuangan ribuan galon air setiap tahun. Memperbaiki kebocoran dapat menghemat air serta tagihan bulanan. Beberapa pancuran yang bocor dapat diperbaiki dengan memastikan sambungan yang erat antara pancuran dan pipa. Tutup ulir sambungan dengan pita ulir. Periksa semua pipa dari kebocoran.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...