12 Ide Jualan Bulan Puasa 2022 dengan Modal Kecil

Selama bulan Ramadan, ada berbagai ide bisnis yang bisa dijalankan. Seperti, menjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Berikut ide jualan bulan puasa 2022 yang bisa dicoba di rumah.
Dwi Latifatul Fajri
6 April 2022, 12:55
Ilustrasi, pedagang menjual hidangan buka puasa saat pembukaan acara Pasar Takjil UMKM di kawasan Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah. Menjual takjil menjadi salah satu ide jualan bulan puasa 2022 yang menarik.
ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.
Ilustrasi, pedagang menjual hidangan buka puasa saat pembukaan acara Pasar Takjil UMKM di kawasan Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah. Menjual takjil menjadi salah satu ide jualan bulan puasa 2022 yang menarik.

Bulan puasa mengubah pola konsumsi masyarakat di Indonesia. Contohnya, umat muslim mencari makan dan minum ketika ngabuburit sebelum berbuka puasa.

Saat bulan puasa, tempat-tempat tertentu ramai dikunjungi karena menjual berbagai makanan takjil. Mendekati lebaran, umat muslim berbelanja keperluan seperti pakaian muslim baru, kue kering, parsel, dan masih banyak lagi.

Selama bulan puasa, ada berbagai ide jualan untuk menambah penghasilan. Ide jualan bisa dimulai dari hal sederhana dan modal kecil.

Contoh ide jualan modal kecil yaitu menjual makanan dan minuman sebelum berbuka puasa. Ide jualan selama bulan puasa yakni reseller dan dropship pakaian muslim.

Advertisement

Peluang bisnis ini bisa memberikan anda tambahan pendapatan selama ramadan. Berikut ide jualan bulan puasa memakai modal kecil yang bisa dicoba di rumah.

Ide Jualan Bulan Puasa 2022

1. Menjual Minuman Takjil

Ide jualan takjil bulan puasa modal kecil adalah menjual minuman. Anda bisa memulai usaha ini dirumah dengan menyiapkan berbagai bahan.

Ada berbagai variasi minuman yang bisa dijual selama puasa yaitu es campur, es buah, sop buah, air kelapa, kolak pisang, dan minuman segar lain.

2. Menjual Buah Kurma

Makanan yang cocok dijual saat bulan puasa adalah buah kurma. Dalam ajaran Islam, buah kurma dianjurkan dimakan ketika berbuka puasa. Konsumsi beberapa buah kurma bermanfaat untuk menahan lapar dan dahaga selama puasa.

3. Katering Makanan Sahur

Ide usaha selama bulan puasa selanjutnya adalah membuka jasa katering. Anda bisa menjual paket makanan untuk makanan sahur.

Katering makanan ini bisa ditawarkan pada anak kos atau orang yang sibuk bekerja. Anda bisa memilih paket catering mingguan atau bulanan untuk pelanggan.

4. Menjual Perlengkapan Ibadah

Selain makanan dan minuman, peralatan ibadah bisa jadi ide jualan. Anda bisa menjual mukena, sarung, tasbih, sajadah, Al Qur'an, dan perlengkapan lain.

5. Menjadi Reseller Pakaian Muslim

Mendekati hari raya Idul Fitri, umat muslim biasanya berbelanja barang kebutuhan. Mereka akan membeli pakaian muslim, makanan, parsel, dan berbagai perlengkapan untuk Idul Fitri.

Salah satu ide jualan adalah menjual pakaian muslim dan hijab. Anda bisa menjual pakaian muslim khusus anak-anak, wanita, remaja, atau pria. Anda bisa menjual pakaian muslim memakai sistem reseller atau dropshipper.

6. Menjual Buah-Buahan Segar

Buah-buahan segar termasuk makanan yang laris di bulan puasa. Buah-buahan banyak dicari untuk makanan penutup atau pencuci mulut. Anda bisa menjual buah-buahan segar untuk menu berbuka puasa.

7. Menjual Kue Kering

Kue kering untuk lebaran bisa jadi ide jualan selama bulan puasa. Mendekati Idul Fitri, kue kering banyak dicari beberapa orang. Anda bisa menjual atau membuat kue kering rumahan. Kue-kue ini bisa anda jual di pasar, promosi di media sosial, dan menjual secara online.

8. Menjual Parcel Lebaran

Tradisi masyarakat Indonesia tidak lepas dari parcel. Isi parsel bisa beraneka ragam mulai dari kue, makanan, minuman, hingga pakaian. Anda bisa menjual paket parcel selama bulan puasa dan menjelang ramadhan.

9. Menjual Ketupat

Ketupat umumnya disajikan dengan opor pengganti nasi. Ketupat adalah beras padat yang masukkan dalam anyaman janur pohon kelapa yang bentuknya belah ketupat. Ketupat termasuk makanan tradisional yang disajikan ketika Idul Fitri. Ketupat bisa jadi ide jualan untuk bulan puasa.

10. Menjual Daging

Menjual daging bisa jadi ide jualan selama Ramadhan. Daging sapi dan daging ayam banyak dicari selama bulan puasa dan mendekati Idul. Contoh makanan memakai bahan daging yaitu opor ayam, rendang, soto, dan bakso. Makanan tersebut biasanya disediakan selama Idul Fitri untuk menjamu tamu.

11. Jasa Penukaran Uang

Jasa penukaran uang baru termasuk ide jualan mendekati Idul Fitri. Tradisi memberikan uang baru ini dilakukan ketika pulang kampung. Beberapa orang membutuhkan jasa penukaran dengan uang baru. Anda bisa membuka jasa penukaran uang baru mulai dari nominal Rp 2.000, RP 5.000 hingga RP 50.000,00.

12. Menjual Oleh-Oleh

Ide jualan selanjutnya adalah menjual oleh-oleh khas daerah. Anda bisa menjual oleh-oleh untuk pemudik yang ingin pulang kampung, ke lingkungan sekitar, atau menjual online. Oleh-oleh khas lebaran ini umumnya makanan khas, pakaian, dan aksesoris.

Itulah beberapa rekomendasi ide jualan puasa modal kecil. Semoga bermanfaat!

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait