Resume Adalah Ringkasan Riwayat Hidup, Ini Format dan Tips Membuatnya

Image title
21 April 2022, 15:15
resume adalah, resume, lamaran kerja
Pexels.com/Sora Shimazaki
Ilustrasi, kesepakatan kerja antara perekrut dan pelamar kerja.

Istilah resume barangkali sudah tidak asing bagi kamu yang sudah atau baru terjun ke dunia pekerjaan. Dokumen ini sering menjadi syarat untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan tertentu.

Tapi, sudahkah kamu mengetahui apa itu resume? Bagaimana format penulisannya? dan apa bedanya dengan curriculum vitae (CV)?

Pengertian Resume

Resume adalah rangkuman dari sebuah tulisan panjang. Resume mencomot bagian penting dari suatu tulisan panjang untuk menyampaikan inti atau pokok informasi dari karang tersebut.

Sementara itu, dalam dunia pekerjaan, resume diartikan sebagai dokumen singkat yang menjelaskan tentang kualifikasi seorang pelamar pekerjaan. Dokumen administrasi ini biasanya ditulis tidak lebih dari satu halaman saja.

Resume meringkas pengalaman, keahlian, pendidikan, dan pencapaian seorang pelamar pekerjaan. Singkatnya, resume berusaha memberi gambaran singkat kepada pihak HRD perusahaan terkait calon karyawan, terutama dari sisi pengalaman dan kemampuannya.

Apakah Resume Sama dengan CV?

Tak sedikit orang yang mengira resume adalah curriculum vitae (CV), padahal jika dilihat dari segi isi dan tujuan penggunaannya terdapat perbedaan menonjol dari kedua dokumen persyaratan lamaran kerja ini. Oleh karena itu, terkadang pihak HRD meminta pelamar mengajukan kedua dokemen ini ketika melamar pekerjaan.

Karenanya, memahami perbedaan antara resume dengan CV menjadi sesuatu yang penting ketika menjajal dunia pekerjaan. Hal ini dapat membuat kamu selangkah lebih maju dari pelamar lain, khususnya dalam hal administrasi lamaran pekerjaan.

Resume adalah dokumen yang membuat ringkasan riwayat hidup yang digunakan sebagai penilaian oleh perusahaan yang hendak dilamar untuk mengetahui seberapa layak si pelamar menempati posisi yang ditawarkan perusahaan.

Sebagai berkas lamaran pekerjaan yang terbatas pada satu halaman saja, resume bertujuan memberikan penjelasan terkait kualifikasi seseorang secara singkat, jelas, dan padat.

Sementara itu, curriculum vitae atau CV adalah dokumen yang memuat gambaran detail dan lengkap terkait kualifikasi, prestasi, pengalaman, khususnya yang terkait dengan akademis seorang pelamar.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...