7 Bunga Terbesar di Dunia, dari Rafflesia Sampai Bunga Matahari

Image title
26 April 2022, 15:44
bunga terbesar di dunia
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Ilustrasi, Bunga Bangkai jenis Amorphophallus Hewittii yang tumbuh di area Hutan Arboretum Sylva Indonesia Untan di Pontianak, Kalimantan Barat. Amorphophallus Hewittii setinggi 1,9 meter yang merupakan plasma nuftah yang langka dan cukup lama pertumbuhannya tersebut ditanam pada 2008 dan mekar pada Oktober 2019.

Selama jutaan tahun, bunga telah menghiasi lanskap. Tak sedikit orang yang yang kepincut dengan keindahan bunga-bunga ini sehingga menempatkan mereka di pekarangan rumah atau bahkan di ruang tamu dan ruang keluarga.

Tanaman berbunga umumnya menonjol dari segi kecantikan warna, kelopak yang banyak atau bentuk yang unik. Namun, disamping itu bunga juga bisa dibedakan lewat ukuran masing-masing. Berikut sederet bunga terbesar di dunia yang dihimpun dari Treehugger dan laman terkait lainnya.

Advertisement

Bunga Terbesar di Dunia

1. Rafflesia Arnoldii

Tanaman berjuluk "bunga monster" yang berasal dari hutan hujan Malaysia dan Indonesia ini dapat tumbuh hingga diameter tiga kaki dan berat hingga 15 pon. Di samping ukurannya yang jumbo, bunga ini juga dikenal karena aromannya yang busuk.

Di habitat aslinya tanaman ini mulai terancam. Hal tersebut karena banyak manusia yang mengambil bagian bunga ini, salah satunya bagian umbi untuk dijual. Bagian lain seperti tangkai daun atau batang semu anak juga mulai dijual sebagai tanaman hias.

2. Amorphophallus Titanum

Mendaftar bunga sebagai bunga terbesar di bumi tidaklah sesederhana mengukur mekar. Amorphophallus titanum memang memiliki bunga yang dapat tumbuh setinggi 10 kaki. Namun, tidak seperti Rafflesia, permata hutan hujan ini terdiri dari ratusan kuncup kecil di satu tangkai, bukan bunga.

Mirip dengan Rafflesia, tanaman langka yang berasal dari Sumatra ini menarik penyerbukan dengan bau busuk yang mereka hasilkan.

Nama Amorphophallus titanum ternyata berasal dari bahasa Yunani kuno dari kata “amorphos” yang artinya tidak berbentuk dan “phallus” berarti penis dan titan yang raksasa.

3. Palem Talipot (Corypha Umbraculifera)

Mampu tumbuh setinggi lebih dari 80 kaki, Corypha umbraculifera—lebih dikenal sebagai "telapak Talipot"—adalah tanaman berbunga terbesar dengan perbungaan bercabang.

Bunga-bunga talipot bertunas dari cabang-cabang kecil yang menempel pada tangkai utama. Mereka tampak seperti daun berbulu, keemasan, berbentuk kipas di atas batang seperti pohon palem.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement