14 Rekomendasi Kuliner dan Oleh-oleh Khas Jember

Dwi Latifatul Fajri
27 April 2022, 13:46
Oleh Oleh Khas Jember
Instagram/Rammonabakery.id
Ilustrasi, Brownies Tape Oleh Oleh Khas Jember

Kabupaten Jember di provinsi Jawa Timur dikenal dengan wisata alamnya. Ada deretan pegunungan yang membentang di Kabupaten Jember. Gunung Argopuro termasuk tempat wisata populer di Jember.

Selain wisata alam Jember memiliki beragam kuliner khas. Daerah Jawa Timur ini dikenal dengan olahan tape, kopi, dan coklat. Setelah hari lebaran, biasanya masyarakat meluangkan waktu untuk liburan. Anda bisa mencari oleh-oleh khas Jember dan kuliner. Berikut rekomendasi oleh oleh khas Jember.

Advertisement

Oleh-oleh Khas Jember

1. Olahan Kopi dan Kakao

Jember dikenal sebagai daerah penghasil biji kopi dan coklat. Daerah Jember terdapat Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Sehingga daerah ini menghasilkan makanan dan minuman olahan dari biji kopi dan kakao.

Oleh oleh khas Jember yang bisa dibawa pulang yaitu olahan kopi dan kakao. Contoh olahan kopi dan kakao yaitu permen, minuman bubuk, dan minuman coklat.

2. Jenang Waluh

Waluh artinya labu kuning dalam bahasa Indonesia. Sedangkan jenang waluh adalah makanan kenyal terbuat dari campuran ketan, kelapa tua, gula merah, dan labu kuning.

3. Brownies Tape

Jember dikenal produk tape yang diolah menjadi makanan. Contohnya saja kue brownies dari tape. Kue brownies ini ditambahkan tape sehingga rasanya berbeda dari brownies biasa.

4. Edamame

Edamame adalah kacang kedelai berukuran besar dari Jepang. Edamame dapat tumbuh dan berkembang di Jember. Kacang kedelai ini memiliki rasa gurih ketika dimakan. Selain itu edamame baik untuk kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Tape Manis

Tape manis terbuat dari singkong yang difermentasi. Proses pembuatan tape ini membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari. Jember dikenal sebagai daerah penghasil singkong unggulan. Hasil olahan singkong ini menghasilkan tape manis dan lembut.

6. Pia Tape

Selain brownies, di Jember ada pia tape yang cocok dibawa oleh-oleh. Biasanya isian tape berupa kacang hijau, coklat, atau keju. Sedangkan pai di Jember berisi tape yang manis dan gurih.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement