14 Rekomendasi Kuliner dan Oleh-oleh Khas Jember

Dwi Latifatul Fajri
27 April 2022, 13:46
Oleh Oleh Khas Jember
Instagram/Rammonabakery.id
Ilustrasi, Brownies Tape Oleh Oleh Khas Jember

Kabupaten Jember di provinsi Jawa Timur dikenal dengan wisata alamnya. Ada deretan pegunungan yang membentang di Kabupaten Jember. Gunung Argopuro termasuk tempat wisata populer di Jember.

Selain wisata alam Jember memiliki beragam kuliner khas. Daerah Jawa Timur ini dikenal dengan olahan tape, kopi, dan coklat. Setelah hari lebaran, biasanya masyarakat meluangkan waktu untuk liburan. Anda bisa mencari oleh-oleh khas Jember dan kuliner. Berikut rekomendasi oleh oleh khas Jember.

Oleh-oleh Khas Jember

1. Olahan Kopi dan Kakao

Jember dikenal sebagai daerah penghasil biji kopi dan coklat. Daerah Jember terdapat Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Sehingga daerah ini menghasilkan makanan dan minuman olahan dari biji kopi dan kakao.

Oleh oleh khas Jember yang bisa dibawa pulang yaitu olahan kopi dan kakao. Contoh olahan kopi dan kakao yaitu permen, minuman bubuk, dan minuman coklat.

2. Jenang Waluh

Waluh artinya labu kuning dalam bahasa Indonesia. Sedangkan jenang waluh adalah makanan kenyal terbuat dari campuran ketan, kelapa tua, gula merah, dan labu kuning.

3. Brownies Tape

Jember dikenal produk tape yang diolah menjadi makanan. Contohnya saja kue brownies dari tape. Kue brownies ini ditambahkan tape sehingga rasanya berbeda dari brownies biasa.

4. Edamame

Edamame adalah kacang kedelai berukuran besar dari Jepang. Edamame dapat tumbuh dan berkembang di Jember. Kacang kedelai ini memiliki rasa gurih ketika dimakan. Selain itu edamame baik untuk kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Tape Manis

Tape manis terbuat dari singkong yang difermentasi. Proses pembuatan tape ini membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari. Jember dikenal sebagai daerah penghasil singkong unggulan. Hasil olahan singkong ini menghasilkan tape manis dan lembut.

6. Pia Tape

Selain brownies, di Jember ada pia tape yang cocok dibawa oleh-oleh. Biasanya isian tape berupa kacang hijau, coklat, atau keju. Sedangkan pai di Jember berisi tape yang manis dan gurih.

7. Prol Tape

Hasil olahan tape di Jember lainnya adalah prol tape. Koe prol ini menggunakan bahan tape singkong, susu gula, mentega, dan tepung. Bahan membuat tape ini kemudian dicampur membentuk adona. Setelah itu adonan dipanggang sampai kuenya padat.

8. Pao Tape

Pao tape disebut juga bakpao tape kuliner khas Jember. Isian dalam bakpai adalah tape singkong. Kemudian bakpao dikukus sampai matang. Di Jember anda bisa membeli pao tape yang sudah dibekukan.

9. Suwar Suwir

Permen suwar suwir bentuknya hampir mirip dengan dodol. Bahan utama permen ini adalah tape, gula, dan tepung. Sekilas penampilan suwar suwir ini hampir mirip jenang dodol. Namun teksturnya lebih padat seperti permen.

Kuliner Jember

1. Nasi Langgi

Mengutip dari tempatwisataindonesia.id, Kabupaten Jember dikenal dengan nasi langgi. Makanan khas kota Jember ini berisi nasi, potongan sapi bumbu bali, sambal goreng tempe, abon, dan sambal goreng kentang. Nasi langgi mudah ditemui di sekitar kota Jember.

2. Tape Bakar

Tape bakar termasuk kuliner manis khas Jember. Bahan utama tape bakar ini dari tape singkong. Bagian tengah tape dibuang kemudian diisi gula merah, coklat, atau selai buah. Kemudian tape dibalut menggunakan daun pisang dan dibakar.

3. Wedang Cor

Minuman khas Jember adalah wedang cor. Biasanya minuman hangat ini disajikan dengan pisang goreng, tahu isi, dan makanan goreng lain. Wedang cor menggunakan bahan utama tape singkong, jahe, air hangat, dan susu kental manis.

4. Martabak Malabar

Martabak malabar dapat ditemukan di kota Jember. Isi martabak ini adalah daging kambing dan rempah-rempah khas. Martabak malabar menggunakan kulit tipis martabak dan daging kambing yang tidak amis. Kuliner Jember ini cocok dinikmati ketika bepergian di kota Jember.

5. Tahu Hwa

Tahu Hwa terbuat dari ampas tahu dan diber kuah jahe. Tahu hwa memiliki tekstur kenyal seperti jelly dan berwarna putih. Makanan ini kemudian disiram dalam kuah jahe yang masih panas. Makanan ini cocok dinikmati ketika udara dingin atau hujan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait