6 Rekomendasi Wisata Alam Malang, Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Image title
28 April 2022, 15:15
wisata alam Malang
Instagram.com/bukitjengkoang
Ilustrasi, Bukit Jengkoang, yang merupakan salah satu wisata alam Malang.

Menjelang libur bersama hari raya Idul Fitri 2022, sebagian perantau sudah mulai disibukan dengan aktvitas mudik atau pulang kampung. Selain untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara, mudik juga jadi kesempatan bagi mereka untuk berwisata.

Salah satu jenis wisata yang biasa dipilih ialah wisata alam. Indonesia hampir tidak pernah gagal dalam menyuguhkan keindahan alamnya yang tersebar di berbagai wilayah, tak terkecuali Kota Malang.

Advertisement

Wisata Alam Malang

Kota Malang merupakan salah satu daerah otonom dan merupakan kota besar kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Karena letaknya yang cukup tinggi, Kota Malang memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Ini menjadikan wisata alam Malang merupakan salah satu tujuan para wisatawan.

Kota Malang merupakan daerah perbukitan dan dataran tinggi dengan ketinggian antara 200-499 meter di atas permukaan laut (mdpl), menurut data Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR. Dengan kondisi geografis ini, Malang menyediakan hawa sejuk serta pemandangan asri.

Berikut ini destinasi wisata alam Malang yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta:

1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang, salah satu wisata alam Malang (Instagram/antoni_sugi)

Pantai Balekambang adalah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudra Indonesia. Secara administratif, pantai ini masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Di sekitaran pantai Balekambang, terdapat tiga pulau yang indah, yaitu Pulau Ismoyo, Anoman, dan Wisanggeni. Di Pulau Ismoyo, terdapat Pura Amarta Jati yang digunakan untuk beribadah bagi umat Hindu. Sebagai catatan, untuk wanita yang sedang haid dilarang berkunjung ke pura ini.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan antara lain berenang, berkemah di pinggir pantai, memancing, dan bermain flying fox. Fasilitas penunjang meliputi toilet dan kamar mandi bilas, toko oleh-oleh dan baju, penginapan, penyewaan tikar, dan musala.

Wisatawan dapat menempuh perjalanan sekitar 6,2 km dengan mobil dari alun-alun Kota Malang atau 64,9 km dari bandara Abdul Rahman Saleh. Jam buka Pantai Balekambang adalah 24 jam. Tetapi, loket buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk adalah Rp15 ribu per orang.

2. Bukit Jengkoang

Bukit Jengkoang
Bukit Jengkoang (Instagram.com/bukitjengkoang)

Bukit Jengkoang merupakan salah satu wisata alam populer di Malang. Bukit yang terletak di Kecamatan Bumiaji ini menyuguhkan pemandangan berupa perbukitan, lahan pertanian, hutan pinus, sampai megahnya Gunung Arjuno.

Bukan hanya itu, Bukit Jengkoang juga punya bangunan tua antik yang menambah kesan eksotis, sehingga tak heran pengunjung berebut untuk menangkap momen di bukit ini.

Di tempat ini, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti kamping, bersepada, hingga off-road jeep dengan pilihan trek dari yang santai sampai ekstrem.

3. Gua Pinus

Wisata alam yang satu ini menawarkan pemandang berupa pohon pinus yang menjulang dan memberikan sensasi segar nan asri kepada para pengunjung.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement