7 Rekomendasi Camilan Oleh-oleh Khas Blitar

Kota Blitar dikenal dengan tempat wisata alam dan kebun. Kota di Jawa Timur ini menghasilkan teh dan buah belimbing yang diolah menjadi makanan dan minuman. Berikut rekomendasi oleh oleh khas Blitar.
Dwi Latifatul Fajri
9 Mei 2022, 10:37
oleh oleh khas Blitar
Instagram/agen_snack_kekinian
Ilustrasi, opak Gambir.

Kota Blitar berada di bagian selatan provinsi Jawa Timur. Kota yang berbatasan dengan kota Malang dan Surabaya ini memiliki tempat wisata alam dan tempat bersejarah.

Salah satu obyek wisata populer di kota Blitar adalah, gunung Kelud. Gunung berapi aktif ini berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar. Gunung Kelud juga menjadi jalur pendakian.

Anda bisa pergi ke pantai, taman, bukit, dan perkebunan di kota Blitar. Ada juga tempat wisata bersejarah yaitu Candi Penataran, Arcak Warak, dan Makam Bung Karno.

Anda bisa menikmati kuliner khas Blitar yaitu rujak cingur, tahu bumbu lawu, dan nasi ampok. Rujak cingur adalah makanan tradisional di Jawa Timur. Isi rujak cingur adalah mentimun, lontong, tahu, tempe, kangkung, kacang panjang, bengkoang, dan lidah sapi. Kemudian bagian atas ditambahkan bumbu kacang.

Advertisement

Makanan tradisional selanjutnya adalah tahu bumbu lawu. Makanan ini menggunakan isian tahu goreng, lontong, tauge, dan bumbu kacang. Ada juga nasi ampok, makanan tradisional khas Blitar. Nasi ampok menggunakan jagung sebagai pengganti nasi. Untuk lauk nasi ampok ada sambal tomat, sayur rebus, dan ikan asin.

Oleh-oleh Khas Blitar

1. Opak Gambir

Opak Gambir termasuk kue kering khas Blitar. Makanan ini memiliki rasa manis dan krispi ketika dimakan. Bahan utama opak gambir menggunakan tepung ketan, tepung beras, dan ruas jahe. Kue kering ini memakai santan cair dan gula untuk penambah rasa gurih dan manis. Opak gambir berbentuk kerucut, teksturnya padat, dan berwarna-warni. Anda dapat membeli kue kring ini di toko oleh-oleh Blitar.

2. Geti

Makanan kering khas Blitar selanjutnya adalah geti. Bahan utama makanan ini adalah kacang, wijen, dan gula merah. Geti biasanya disajikan untuk menjamu tamu dan acara hari raya. Camilan ini memiliki rasa beragam seperti coklat, belimbing, dan original. Anda bisa membeli geti di pusat oleh oleh khas Blitar.

3. Dodol Belimbing

Kota Blitar termasuk daerah penghasil belimbing. Anda dapat menikmati liburan di kawasan Agrowisata Karangsari untuk membeli buah belimbing. Ada juga olahan camilan dodol belimbing khas Blitar. Buah belimbing juga diolah menjadi keripik buah, sirup, dan manisan di kota Blitar.

4. Peyek Uceng

Camilan gurih khas Blitar adalah peyek uceng. Biasanya peyek menjadi camilan dan lauk makanan. Peyek ini menggunakan bahan dasar ikan uceng berukuran kecil. Peyek uceng ini menjadi ikon makanan khas kota Blitar.

5. Wajik Kletik

Wajik Kletik khas Blitar adalah jajanan tradisional khas Blitar. Beras ketan sebagai bahan utama untuk membuat wajik. Biasanya wajik kletik dibungkus menggunakan kulit jagung atau klobot untuk menambah rasa. Selain kulit jagung ada juga beras ketan, gula pasir, dan sedikit nanas untuk menambah aroma.

6. Teh Hitam

Kota Blitar memiliki kebun teh dan menghasilkan teh berkualitas. Anda bisa membeli teh hitam premium yang ditanam di kebun teh Sirah Kencong. Mengutip dari javatravel.net, kebun teh ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Teh hitam ini cocok dinikmati ketika bersantai bersama keluarga.

7. Sagon

Camilan kering khas kue Blitar gurih dan krispi adalah sagon. Anda bisa membeli oleh oleh ini ketika mengunjungi Candi Penataran, toko oleh-oleh, dan alun-alun kota Blitar. Sagon terbuat dari kelapa parut dan tepung ketan. Camilan ini berbentuk lingkaran, teksturnya padat, dan krispi.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait