Ragam Cara Membuat Henna Alami Tanpa Bahan Kimia

Image title
9 Mei 2022, 11:01
cara membuat henna
Pexels.com
Ilustrasi, henna.

Henna merupakan sejenis tato tidak permanen yang terbuat dari bahan alami. Cara membuat henna bubuk telah dilakukan sejak ribuan tahun lalu oleh orang India hingga Timur Tengah.

Henna biasa digunakan untuk melukis bagian tubuh seperti tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya. Henna juga digunakan untuk mewarnai kuku dan rambut. Cara membuat henna bubuk dilakukan dengan mengolah daun inai atau Lawsonia Inermis yang banyak tumbuh di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Australia.

Daun inai atau daun pacar dikeringkan dan dihaluskan hingga membentuk bubuk. Bubuk ini nantinya dicampur dengan air atau minyak agar dapat membentuk pasta. Kini bubuk henna dapat dengan mudah ditemukan. Anda tak perlu memikirkan bagaimana cara membuat henna bubuk sendiri.

Namun, bagi Anda yang ingin tahu cara membuat henna bubuk sendiri, Anda bisa mencobanya di rumah. Cara membuat henna bubuk juga bisa menghindari penggunaan henna dengan tambahan zat kimia yang merugikan. Berikut sejumlah cara membuat henna dengan daun inai yang dilansir dari liputan6.com:

1. Cara Membuat Henna dengan Daun Inai

Pertama dalam cara membuat henna adalah dengan daun inai. Oleh karenanya perlu memilih daun inai dengan baik. Anda bisa memilihnya dengan daun inai yang segar. Anda bisa menanam daun inai atau daun pacar di rumah agar lebih mudah mendapatkannya. Tanaman henna merupakan tanaman semak yang memiliki tinggi 1,8 hingga 7,6 m.

Apabila diamati, secara sekilas tanaman inai mirip dengan kemuning. Jadi pastikan tidak salah memilih bibit tumbuhan ini. Pilihlah daun inai yang benar-benar segar dan petiklah dengan hati-hati.

2. Membuat Bubuk untuk Bahan Henna

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam cara membuat henna adalah memisahkan batang dan daun. Hala itu bisa dilakukan setelah memetik daun inai yang segar, tempatkan pada wadah kering. Pisahkan daun inai dari batangnya. Bagian yang dikeringkan nantinya hanya bagian daun inai.

Kemudian, seusai daun terpisah dari batang, cara membuat henna bubuk adalah mengeringkannya. Tempatkan daun inai pada wadah melebar, lalu jemur pada sinar matahari hingga kering. Tanda daun inai yang benar-benar kering adalah daun akan bertekstur renyah dan mudah hancur.

Setelah itu, pisahkan daun dari tulangnya agar proses penghalusan menjadi lebih mudah. Pisahkan dengan cara meremas daun hingga menyisakan tulangnya.

Ada beberapa cara untuk menghaluskan daun inai menjadi bubuk. Anda bisa menggunakan cara tradisonal dengan menguleknya dengan cobek. Pastikan daun dan alat menumbuk benar-benar kering. Masukkan daun sedikit demi sedikit lalu tumbuk hingga halus. Cara ini mungkin tidak bisa menghasilkan bubuk henna yang benar-benar halus.

Cara lainnya untuk menghasilkan bubuk henna yang lebih halus adalah dengan menggunakan mesin. Anda bisa menggunakan blender khusus bumbu kering untuk menghaluskannya. Atau Anda bisa menggunakan mesin penghalus yang biasa digunakan untuk selep bubuk.

Setelah menghaluskan daun, Anda masih perlu mengayaknya lagi untuk mendapatkan bubuk yang benar-benar halus. Ini membuat bubuk henna menjadi mudah dibentuk pasta dan digunakan untuk melukis atau mewarnai tubuh.

Anda bisa mengayak bubuk henna ini menggunakan saringan atau kain berpori. Setelah didapat bubuk halus, henna siap digunakan.

Bahan Bubuk Henna Alami

1. Henna dengan air lemon

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...