9 Game NFT Penghasil Uang yang Menguntungkan

Game NFT adalah sebuah permainan yang memungkinkan para pemainnya mendapatkan item sebagai aset NFT. Berikut ini ada sejumlah game NFT penghasil uang, yang sangat menguntungkan jika dimainkan.
Image title
9 Mei 2022, 17:23
game NFT penghasil uang
123RF
Ilustrasi, non-fungible token (NFT)

Seiring berkembangnya zaman industri game atau gim terus mengalami peningkatan, baik dalam hal produksi maupun jumlah pemainnya yang semakin banyak. Selain itu, beberapa genre game saat ini dapat mendatangkan pendapatan yang cukup besar jika dimainkan.

Contohnya seperti keberadaan sejumlah judul game NFT penghasil uang. Melihat kepopuleran cryptocurrency, game berbasis NFT atau Non-Fungible Token  mulai digandrungi dan menjadi sebuah tren baru untuk setiap orang yang ingin mencari uang secara digital.

Game NFT penghasil uang bentuknya sangat beragam. Gim seperti ini pun memiliki banyak genre, mulai dari petualangan, olahraga, dan lain sebagainya. Namun demikian, umumnya permainan berbasis NFT tersebut punya tampilan sederhana tapi tetap seru untuk dimainkan.

Apa saja game NFT penghasil uang yang menguntungkan? Berikut pembahasannya.

Advertisement

Apa Itu NFT?

NFT
NFT (Tumisu/Pixabay)

 

NFT belakangan ini sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Melansir Investopedia, NFT adalah token cryptographic unik yang ada pada blockchain dan tidak dapat direplikasi. NFT dapat mewakili item dari dunia nyata seperti karya seni serta game.

Dalam ekonomi digital, masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan mata uang kripto (crypto) atau cryptocurrency. Sederhananya, crypto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa. Akan tetapi, berdasarkan Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018, aset crypto tetap dilarang sebagai alat pembayaran.

Meski begitu, aset crypto masih bisa digunakan sebagai alat investasi. Aset crypto sudah disetujui dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Ini artinya, aset tersebut menjadi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

Khusus untuk NFT, aset tersebut sudah menggeser paradigma tentang crypto. NFT membuat setiap token unik dan tak tergantikan, sehingga tidak memungkinkan satu token yang tidak dapat dipertukarkan sama dengan yang lain.  NFT juga dapat diperluas. Seseorang bisa menggabungkan satu NFT dengan yang lain untuk mengembangkan NFT ketiga yang unik. NFT berisi detail kepemilikan untuk memudahkan identifikasi dan transfer antar pemegang token. Pemilik bisa menambahkan metadata atau atribut yang berkaitan dengan aset di NFT. 

Konsep Game NFT Penghasil Uang

NFT
NFT (123RF)

 

Salah satu manfaat NFT adalah efisiensi pasar. Hal ini terlihat pada aset fisik menjadi aset digital, menyederhanakan proses dan menghilangkan perantara. 

Misalnya seperti NFT yang mewakili sebuah karya seni digital pada blockchain, akan menghilangkan kebutuhan terhadap agen. Sehingga memungkinkan seniman untuk terhubung langsung dengan audiens mereka.

Kelebihan dari NFT ini yang menjadi alasan kuat, mengapa banyak beberapa developer game sangat antusias untuk mengadopsi teknologi blockchain yang akan ditanam pada gim yang sedang kembangkan. Oleh karena itu, tidak heran kalau saat ini game NFT penghasil uang mulai banyak diminati. Terlebih lagi eksistensi NFT semakin menguat setiap waktunya.

Konsep game NFT penghasil uang yaitu memungkinkan pemain untuk memiliki aset di dalam gim, yang nantinya aset tersebut dapat diperjualbelikan menggunakan mata uang crypto. Sebagian besar permainan dengan sistem ini bahkan bisa memberikan uang tunai kepada player dari hasil penjualan NFT.

Biasanya pemain akan mendapatkan hadiah aset NFT beserta bukti kepemilikan berupa sertifikat, bila berhasil menjalankan misi atau semacamnya. Kemudian, aset tersebut dapat dijual pada platform seperti OpenSea. Hasil penjualan tersebut akan mendatangkan pundi-pundi mata uang crypto seperti Ethereum, Bitcoin, dan lainnya.

Singkatnya, game NFT penghasil uang bisa menjadi pilihan alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara digital. Selain itu, harga aset di dalam gim tersebut sangat bervariasi serta berpotensi meningkat harga jualnya seiring dengan menjamurnya penjualan aset NFT.

Daftar Game NFT Penghasil Uang 

NFT
NFT (123RF)

 

Game NFT penghasil uang saat ini banyak dicari oleh investor yang tertarik dengan aset tersebut dan mata uang crypto. Tidak hanya seru untuk dimainkan, gim jenis ini tentunya bisa mendatangkan keuntungan bagi pemainnya.

Penasaran dengan game NFT penghasil uang? Dikutip dari Coinmarketcap.com dan sumber lainnya berikut daftarnya.

1. Sandbox 

Game NFT penghasil uang bernama Sandbox berkonsep Metaverse. Di dalam gim ini pemain bisa membeli properti, tanah, dan lainnya.

Seluruh transaksi pada Sandbox menggunakan mata uang crypto bernama SAND. Ini memungkinkan para pemainnya untuk membeli aset berupa properti, karakter, tanah, dan item lainnya.

Aset-aset tersebut dapat dijual melalui platform seperti OpenSea. Gim ini sangat cocok untuk dimainkan karena bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

2. Axie Infinity

Secara konsep, gim berjudul Axie Infinity ini mirip sekali dengan seri game Pokemon, dengan menambahkan sistem blockchain sendiri. 

Transaksi dalam gim Axie Infinity berbasis Ethereum.  Pemain bisa membiakkan dan mengumpulkan hewan peliharaan digital sebagai aset NFT yang disebut Axies. Tujuan utama adalah untuk melawan pemain lain. 

Setiap jenis Axies memiliki jejak genetiknya sendiri. Oleh karena itu, kelemahan dan kekuatan Axies diturunkan kepada keturunannya.

Axies yang juga bisa disebut hewan peliharaan digital ini dapat diperdagangkan di pasar NFT Ethereum, dan harga masing-masing tergantung pada kelangkaan dan sifat uniknya.

3. Gods Unchained

Game NFT penghasil uang berjudul Gods Unchained ini merupakan sebuah permainan berbasis trading card atau kartu. Pemain bisa mulai memainkan gim tersebut secara gratis. Nantinya, setiap pemain akan diberikan deck awal. Sebagai catatan, deck kartu tersebut tidak bisa diperjualbelikan.

Supaya mendapatkan kartu sebagai aset NFT, pemain harus melawan pemain lainnya. Setelah itu, pemain bisa mengumpulkan in game currency atau aset berupa kartu.

Mengingat seluruh transaksi di dalam gim ini memakai Ethereum, pemain bisa menjual asetnya melalui pasar NFT Ethereum.

4. Splinterlands 

Splinterlands merupakan sebuah permainan kartu yang dapat diperdagangkan gratis, sehingga memungkinkan pada pemainnya mendapatkan penghasilan saat mereka bermain. Gim ini sangat mirip dengan Gods Unchained.

Pemain bisa mendapatkan hadiah saat memenangkan pertarungan kartu. Untuk mulai bermain Splinterlands, pertama-tama pemain harus membeli kartu perdana, mendaftarkan akun Steem, dan mengungkap kartu yang dibeli di Splinterlands. 

Jika beruntung, pemain bisa menemukan kartu langka di antara set kartu pertama yang beli. Selain itu, pemain dapat menemukan kelipatan dari jenis kartu yang sama. 

Seorang pemain bisa menggabungkan kartu identik untuk meningkatkan kekuatannya, atau bahkan menjual salah satunya dengan imbalan mata uang crypto.

5. Worldwide Webb

Game NFT penghasil uang bergenre MMORPG ini bernama Worldwide Wibe. Permainan 2 dimensi dengan gameplay  permainan retro bisa membuat para pemainnya ketagihan.

Pada gim tersebut, pemain bisa melakukan berbagai hal dan berinteraksi dengan players dari seluruh dunia. Misalnya melakukan aktivitas jual-beli item sebagai aset NFT di gim tersebut. Perlu diingat, seluruh transaksinya memakai mata uang crypto yaitu Ethereum.

6. Alien Worlds

Alien Worlds adalah gim berkonsep metaverse NFT Defi yang mensimulasikan persaingan ekonomi dan kolaborasi antar pemain dalam upaya menjelajahi planet lain. 

Semua capaian di dalam permainan ini akan diberikan insentif  untuk bersaing memperebutkan Trilium (TLM), yang diperlukan guna mengontrol organisasi otonom terdesentralisasi yang bersaing di Planet DAO, serta untuk mendapatkan akses ke gameplay tambahan.

Dalam metaverse Alien Worlds, para pemainnya bisa memperoleh NFT untuk menambang TLM, terlibat dalam pertempuran, dan menyelesaikan misi dalam gim.

Para pemain dapat membeli dan merakit NFT yang paling sesuai dengan gameplay mereka. Selain itu, pemain dapat terlibat dalam pemerintahan dengan memilih seorang penasihat dari enam Planet DAO, untuk mempengaruhi arah permainan.

7. Star Atlas

Game NFT penghasil uang selanjutnya adalah Star Atlas. Bisa dibilang permainan ini merupakan salah satu game blockchain yang cukup diminati. Sebab, Star Atlas diharapkan untuk menetapkan standar baru dalam ruang play-to-earn dengan memadukan gameplay eksplorasi ruang angkasa yang luas, elemen strategi yang dirancang dengan hati-hati, dan grafis berkualitas tinggi.

Konsep permainan dalam Star Atlas berpusat di sekitar eksplorasi ruang angkasa, penambangan , dan pengembangan. Para pemainnya memiliki fleksibilitas untuk membuat kapal luar angkasa, kru, dan avatar kustom mereka sendiri.

Keunikan di dalam gim ini terletak pada item yang bisa dijadikan sebagai aset NFT. Sebagian besar aset dalam game akan diwakili pada blockchain sebagai NFT dan bisa diperdagangkan di pasar Star Atlas.

8. Iluvium

Game NFT penghasil uang berjudul Iluvium adalah sebuah gim bergenre RPG Open World. Konsep permainannya mirip seperti seri gim Pokemon, di mana pemain melintasi dunia digital yang penuh dengan monster langka dan tidak biasa yang disebut Illuvials. Monster ini dapat ditangkap, dikumpulkan, dilatih, dan diperangi.

Tujuan permainan ini adalah untuk membangun tim Illuvials yang kuat untuk digunakan mengalahkan lawan dalam pertempuran. Jika menang, pemain bisa mendapatkan hadiah.

gim ini menggabungkan elemen free-to-play dan pengalaman berbayar karena banyak aset dalam gim contohnya seperti LAND dan Illuvials, dapat direpresentasikan sebagai NFT. Aset ini bisa dibeli dan dijual sesuka hati.

9. Thetan Arena

Thetan Arena adalah sebuah game berkonsep MOBA. Untuk memulai permainan, biasanya para pemain akan mendapatkan tiga karakter secara gratis. Item dan karakter di game tersebut dapat diperjualbelikan, sehingga pemain bisa mendapatkan uang sungguhan.

Daftar game NFT penghasil uang di atas bisa dicoba untuk dimainkan. Sebagai catatan, calon pemain harus mengetahui terlebih dahulu tentang aturan dan cara bermainnya. Sehingga aset NFT itu bisa diperdagangkan melalui platform yang tersedia.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait