9 Game NFT Penghasil Uang yang Menguntungkan

Image title
9 Mei 2022, 17:23
game NFT penghasil uang
123RF
Ilustrasi, non-fungible token (NFT)

Seiring berkembangnya zaman industri game atau gim terus mengalami peningkatan, baik dalam hal produksi maupun jumlah pemainnya yang semakin banyak. Selain itu, beberapa genre game saat ini dapat mendatangkan pendapatan yang cukup besar jika dimainkan.

Contohnya seperti keberadaan sejumlah judul game NFT penghasil uang. Melihat kepopuleran cryptocurrency, game berbasis NFT atau Non-Fungible Token  mulai digandrungi dan menjadi sebuah tren baru untuk setiap orang yang ingin mencari uang secara digital.

Advertisement

Game NFT penghasil uang bentuknya sangat beragam. Gim seperti ini pun memiliki banyak genre, mulai dari petualangan, olahraga, dan lain sebagainya. Namun demikian, umumnya permainan berbasis NFT tersebut punya tampilan sederhana tapi tetap seru untuk dimainkan.

Apa saja game NFT penghasil uang yang menguntungkan? Berikut pembahasannya.

Apa Itu NFT?

NFT
NFT (Tumisu/Pixabay)

 

NFT belakangan ini sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Melansir Investopedia, NFT adalah token cryptographic unik yang ada pada blockchain dan tidak dapat direplikasi. NFT dapat mewakili item dari dunia nyata seperti karya seni serta game.

Dalam ekonomi digital, masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan mata uang kripto (crypto) atau cryptocurrency. Sederhananya, crypto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa. Akan tetapi, berdasarkan Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018, aset crypto tetap dilarang sebagai alat pembayaran.

Meski begitu, aset crypto masih bisa digunakan sebagai alat investasi. Aset crypto sudah disetujui dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Ini artinya, aset tersebut menjadi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

Khusus untuk NFT, aset tersebut sudah menggeser paradigma tentang crypto. NFT membuat setiap token unik dan tak tergantikan, sehingga tidak memungkinkan satu token yang tidak dapat dipertukarkan sama dengan yang lain.  NFT juga dapat diperluas. Seseorang bisa menggabungkan satu NFT dengan yang lain untuk mengembangkan NFT ketiga yang unik. NFT berisi detail kepemilikan untuk memudahkan identifikasi dan transfer antar pemegang token. Pemilik bisa menambahkan metadata atau atribut yang berkaitan dengan aset di NFT. 

Konsep Game NFT Penghasil Uang

NFT
NFT (123RF)

 

Salah satu manfaat NFT adalah efisiensi pasar. Hal ini terlihat pada aset fisik menjadi aset digital, menyederhanakan proses dan menghilangkan perantara. 

Misalnya seperti NFT yang mewakili sebuah karya seni digital pada blockchain, akan menghilangkan kebutuhan terhadap agen. Sehingga memungkinkan seniman untuk terhubung langsung dengan audiens mereka.

Kelebihan dari NFT ini yang menjadi alasan kuat, mengapa banyak beberapa developer game sangat antusias untuk mengadopsi teknologi blockchain yang akan ditanam pada gim yang sedang kembangkan. Oleh karena itu, tidak heran kalau saat ini game NFT penghasil uang mulai banyak diminati. Terlebih lagi eksistensi NFT semakin menguat setiap waktunya.

Konsep game NFT penghasil uang yaitu memungkinkan pemain untuk memiliki aset di dalam gim, yang nantinya aset tersebut dapat diperjualbelikan menggunakan mata uang crypto. Sebagian besar permainan dengan sistem ini bahkan bisa memberikan uang tunai kepada player dari hasil penjualan NFT.

Biasanya pemain akan mendapatkan hadiah aset NFT beserta bukti kepemilikan berupa sertifikat, bila berhasil menjalankan misi atau semacamnya. Kemudian, aset tersebut dapat dijual pada platform seperti OpenSea. Hasil penjualan tersebut akan mendatangkan pundi-pundi mata uang crypto seperti Ethereum, Bitcoin, dan lainnya.

Singkatnya, game NFT penghasil uang bisa menjadi pilihan alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara digital. Selain itu, harga aset di dalam gim tersebut sangat bervariasi serta berpotensi meningkat harga jualnya seiring dengan menjamurnya penjualan aset NFT.

Daftar Game NFT Penghasil Uang 

NFT
NFT (123RF)

Game NFT penghasil uang saat ini banyak dicari oleh investor yang tertarik dengan aset tersebut dan mata uang crypto. Tidak hanya seru untuk dimainkan, gim jenis ini tentunya bisa mendatangkan keuntungan bagi pemainnya.

Penasaran dengan game NFT penghasil uang? Dikutip dari Coinmarketcap.com dan sumber lainnya berikut daftarnya.

1. Sandbox 

Game NFT penghasil uang bernama Sandbox berkonsep Metaverse. Di dalam gim ini pemain bisa membeli properti, tanah, dan lainnya.

Seluruh transaksi pada Sandbox menggunakan mata uang crypto bernama SAND. Ini memungkinkan para pemainnya untuk membeli aset berupa properti, karakter, tanah, dan item lainnya.

Aset-aset tersebut dapat dijual melalui platform seperti OpenSea. Gim ini sangat cocok untuk dimainkan karena bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

2. Axie Infinity

Secara konsep, gim berjudul Axie Infinity ini mirip sekali dengan seri game Pokemon, dengan menambahkan sistem blockchain sendiri. 

Transaksi dalam gim Axie Infinity berbasis Ethereum.  Pemain bisa membiakkan dan mengumpulkan hewan peliharaan digital sebagai aset NFT yang disebut Axies. Tujuan utama adalah untuk melawan pemain lain. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement