Awas! Ini Bahaya Polusi terhadap Kehamilan

Image title
12 Mei 2022, 15:16
bahaya polusi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Ilustrasi, polusi di area perkotaan.

Salah satu kabar mengembirakan bagi pasangan suami-istri adalah kehamilan. Memiliki anak merupakan berkah dan tak sedikit dari pasangan yang tengah menanti buah hati langsung menyiapkan berbagai perlengkapan, ketika menerima kabar kehamilan.

Namun, ada satu hal yang lebih penting, yaitu menjaga kesehatan ibu dan janin. Pasalnya, kondisi kesehatan ibu dan janin dapat memengaruhi tumbuh kembang anak hingga ia beranjak dewasa.

Bahaya Polusi terhadap Kehamilan

Mengutip buku “9 Bulan yang Menakjubkan” oleh Bonny D. Hall dan kawan-kawan, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan janin, salah satunya dengan meminimalisasi paparan polusi yang dapat membahayakan ibu dan janin. Polusi bisa tersebar lewat udara, air, hingga radiasi alat elektronik.

1. Polusi Udara

Kendaran bermotor merupakan sumber utama polusi perkotaan, khususnya di Indonesia. Sebagian besar kendaraan bermotor menghasilkan emisi gas buang buruk, akibat perawatan yang kurang memadai dan penggunaan bahan bakar berkualitas kurang baik, yaitu berkadar timbal (Pb) tinggi.

Jenis racun dan dampaknya:

  • Timbal (Pb) dari asap knalpot kendaraan bermotor

Paparan logam berat membahayakan ibu dan janin. Efek jangka pendek bagi ibu, seperti gangguan respiratori dan kardiovaskular dan infeksi saluran pernapasan. Racun timbal bisa melewasi plasenta dan masuk ke sistem peredaran darah janin, juga ke ASI, memberi efek racun terhadap berbagai fungsi organ janin, seperti sistem saraf, reproduksi, endokrin, jantung, ginjal, dan otak. Hal ini dapat mengakibatkan anak mengalami gangguan kecerdasan dan mental.

  • Asap rokok

Sudah bukan rahasia, bahwa asap rokok mengandung 4000 jenis bahan kimia dan 43 di antaranya karsinogen. Dari sekian banyak bahan kimia, hanya 15% yang dihirup oleh perokok aktif, sisanya dilepaskan dan dihirup perokok pasif. Asap rokok, bagi ibu dan janin, dapat menyebabkan keguguran, kematian janin, plasenta lepas, dan berat badan janin turun 20-30%.

  • Obat semprot anti nyamuk

Obat semprot anti nyamuk banyak mengandung zat kimia sintetik yang dapat menghambat kerja enzim acetylcholinesterase (AchE) di tubuh ibu yang menyebabkan ibu sering merasa pusing, mual, dan daya pikir terganggu.

Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk meminimalkan paparan polusi udara, seperti penggunaan bahan bakar ramah lingkungan, menggunakan masker kain kassa basah, menghindari lingkungan berasap rokok, dan mengganti obat semprot nyamuk dengan pemakaian kelambu.

2. Polusi Air

Indonesia memiliki kualitas air sungai yang dipengaruhi oleh limbah domestik, industri, pertanian dan peternakan. Mikroba di air apabila diminum akan mencetus diare, demam tifoid dan disentri. Efek jangka panjang minum air tercemar logam adalah menumpuknya logam berat di otak dan kerusakan hati serta ginjal karena ekskresi (pengeluaran ampas metabolisme yang tidak dibutuhkan tubuh).

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...