Memahami Sensor Film, Pengertian, dan Kategorinya

Image title
19 Mei 2022, 15:35
pengertian sensor
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Ilustrasi, warga menyaksikan pemutaran film Si Doel Anak Betawi karya Sjuman Djaya di halaman Perusahaan Umum Produksi Film Negara (Perum PFN), Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Perkembangan industri televisi saat ini menyuguhkan program sinetron sebagai acara yang cukup banyak digemari oleh penonton Indonesia dengan rating/share tertinggi selama tahun 2016, yaitu average 8 persen & 35 persen.

Menurut data program sinetron/seria TV swasta porsi waktu tayang serial lokal sebesar 59 persen, serial India, 15 persen, dan serial Turki 9 persen (Nielsen Audiensce Measurement, 2016).

Advertisement

Seiring semakin berkembangnya industri karya kolektif ini, mengutip buku “Journalism Today” oleh Andi Fachruddin, tayangan televisi ditengarai telah memengaruhi muncul perilaku negatif (agresif dan konsumtif) di kalangan masyarakat. Sajian acara televisi juga umumnya disuguhkan untuk penonton dewasa dan mengabaikan acara untuk anak-anak serta jam tayang yang, mau tidak mau, membuat anak-anak ikut menonton.

Dampaknya, tayangan televisi (sinetron/film/FTV) dikhawatirkan memengaruhi polah tingkah laku dan polah tutur kata penonton televisi di Tanah Air.

Pengertian Sensor

Film dan tayangan lain di televisi berpengaruh dalam pembentukan dan perkebangan perilaku di masyarakat dari berbagai usia. Sehingga perlu dikendalikan guna mengurangi kemungkinan terjadinya pengaruh negatif dari tayangan itu sendiri. Pengendalian tersebut diwujudkan dalam bentuk regulasi, salah satunya adalah sensor.

Sensor dapat diartikan sebagai peranti yang mengubah suatu nilai fisik ke nilai fisik yang lain, menghubungkan antara fisik nyata dan industri elektrik dan peranti elektronika. Di industri film berguna untuk monitoring, controlling, dan proteksi yang sering disebut transducer (Risanuri Hidayat).

Sementara itu, menurut UU Nomor 33 Tahun 2009 Pasal 1 ayat (9), sensor film adalah penelitian, penilaian, dan penentuan kelayakan film dan iklan film untuk dipertunjukan kepada khalayak umum.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement