Manfaat Semangka untuk Bayi sebagai Makanan Pendamping ASI

Image title
23 Mei 2022, 12:35
manfaat semangka untuk bayi
Unsplash/Floh Maier
Ilustrasi, buah semangka.

Di saat bayi memasuki usia 6 bulan,  Air Susu Ibu (ASI) saja tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi bayi sehari-hari. Maka dari itu, bayi disarankan mendapatkan makanan pendamping asi (MPASI).

Mengutip dari organisasi kesehatan internasional (WHO), orang tua perlu memberikan makanan yang lembut agar bayi mudah menelan makanan. Apalagi, fasel awal MPASI adalah perkenalan tekstur.

Advertisement

Pada usia 6-9 bulan, orang tua bisa memberikan bayi makanan pendamping dengan menyaring serta melumatkan protein, karbohidrat, sayur, hingga buah. Buah mempunyai kandungan vitamin, mineral, serta serta yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan serta saluran pencernaan putra -putri Anda. Untuk buah, salah satu yang masuk kategori makanan pendamping ASI yang baik untuk bayi adalah semangka.

Kandungan Gizi Semangka

Salah satu pertimbangan memilih semangka sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI adalah, kandungan gizinya. Dalam buah semangka, terdapat berbagai macam kandungan gizi yang bermanfaat untuk manusia, yaitu sebagai berikut.

  • Kalori: 28
  • Air: 92,1 gram
  • Karbohidrat: 6,9 gram
  • Kalsium: 10 miligram
  • Fosfor: 12 miligram
  • Kalium: 93.8 miligram
  • Potasium: 173 miligram
  • Beta karoten: 315 mikrogram
  • Vitamin A: 876 IU
  • Vitamin C: 12,5 miligram

Ada banyak manfaat semangka untuk bayi, seperti memenuhi kandungan gizi yang seimbang, memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna, dan lain-lain. Berikut ini ulasan singkat mengenai manfaat semangka untuk bayi.

Manfaat Buah Semangka untuk Bayi

Berikut ini adalah sejumlah manfaat buah semangka untuk bayi yang perlu diketahui setiap orang tua yang dilansir dari situs Alodokter.com:

1. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air di dalam buah semangka cukup tinggi, yaitu sekitar 92%. Oleh karena itu, semangka dapat Bunda gunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh putra -putri Anda dan mencegahnya dari dehidrasi.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Semangka merupakan buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Di dalam secangkir buah semangka, terkandung lebih dari 470 mikrogram beta karoten, yaitu antioksidan yang berperan dalam pembentukan vitamin A. Tercukupinya kebutuhan vitamin A dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan mata bayi.

3. Memperkuat Sistem Imun

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement