Birama Adalah Ketukan Berulang, Pahami Jenis dan Fungsinya

Image title
23 Mei 2022, 15:19
birama adalah
Pexels.com/Josh Sorenson
Ilustrasi, musisi memainkan alat musik drum.

Birama adalah salah satu unsur dalam seni musik yang dapat menentukan keharmonisan suatu nada. Birama yang tepat dapat memengaruhi kenyamanan pendengar ketika menikmati suatu karya musik.

Apa itu Birama?

Birama adalah ketukan berulang secara teratur dalam waktu yang sama, yang biasanya ditulis dalam angka pecahan, seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya. Angka di atas "/" (pembilang) menunjukan jumlah ketukan. Sementara angka di bawahnya (penyebut) menunjukan nilai nada dalam satu ketukan.

Mengutip laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, birama bisa diartikan jumlah banyaknya ketukan dalam setiap ruas-ruas lagu.

Satu ruas birama ditunjukan oleh batas-batas garis vertikal atau yang biasa disebut garis birama. Hal tersebut terlihat dalam musik diatonis. Dalam musik pentatonis, penggunaan garis birama cukup jarang ditemui.

Dalam tangga nada diatonis, petak yang dibatasi garis birama disebut ruas birama. Dalam seni musik, tiap birama memiliki tekanan suara teratur yang disebut arsis, yaitu birama yang ringan, dan aksen atau birama yang kuat.

Birama umumnya ditempatkan pada awal musik. Tanda birama berisi dua angka, yakni atas dan bawah. Angka di atas menunjukan jumlah ketikan pada tiap ruas birama dan angka di bawah menunjuka satuan nilai not yang dijadikan patokan tempo.

Jenis Birama

Birama utama terdiri dari dua jenis, yaitu birama perduaan dan birama pertigaan. Berikut perinciannya:

  1. Birama perduaan bersahaja: birama 2/4 dan 2/8.
  2. Birama perduaan bertingkat: birama 4/4, 8/4, 4/8, dan 8/8.
  3. Birama pertigaan bertingkat: birama 3/4 dan 3/8.
  4. Birama pertigaan bertingkat: birama 6/4, 6/8, 9/4, dan 9/8.

Terdapat empat macam pola tanda birama, yakni 4/4, 3/4, 6/8, dan 2/4. Berikut penjelasannya:

Birama 4/4

Birama ini merupakan yang paling umum dan cukup sering digunakan dalam banyak genre musik. Dalam birama 4/4, setiap birama ada empat hitungan dan setiap hitungan bernilai seperempat. Sederhananya, tiap birama terdiri dari empat ketukan.

Birama 3/4

Birama 3/4 atau yang dikenal dengan tempo waltz berarti setiap birama memiliki tiga hitungan dan setiap hitungan bernilai seperempat.

Birama 6/8

Birama 6/8 berarti setiap birama ada enam hitungan dan setiap hitungan bernilai seperdelapan. Sederhananya, tiap birama terdiri dari enam ketukan.

Birama 2/4

Birama 2/4 terdiri dari dua ketukan.  Setiap birama ada dua hitungan dan setiap hitungan bernilai seperempat.

Fungsi Birama

Mengutip dosenpendidikan.co.id, birama memiliki dua fungsi, yakni fungsi musikal dan fungsi simbol.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...