10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Siti Nur Aeni
25 Mei 2022, 17:42
negara penghasil kopi terbesar di dunia
ANTARA FOTO/Iggoy El Fitra
Ilustrasi, petugas menunjukan biji kopi yang sudah mengalami proses roasting (dipanggang) di pengolahan Kopi Solok Radjo di Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kopi menjadi salah satu komoditas penting yang banyak diperdagangkan di dunia internasional. Biji kopi ini dihasilkan oleh berbagai negara yang sebagian besar berada di daerah tropis. Lantas, negara mana sajakah yang termasuk dalam kelompok negara penghasil kopi terbesar di dunia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Negara Produsen Kopi Terbesar di Dunia

Pada tahun 2020 lalu, Internation Coffe Organization melaporkan data negara yang memproduksi kopi terbesar di dunia. Negara mana saja yang masuk dalam daftar tersebut? Berikut daftarnya.

1. Brasil

Di posisi pertama ada Brasil sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia. negara yang berada di Benua Amerika ini mampu menghasilkan kopi hingga 63,4 juta karung berukuran 60 kilogram (kg) pada tahun 2020.

Luas perkebunan kopi di negara ini sekitar 27.000 kilometer persegi yang tersebar di Minas Gerais, Sao Paulo. Dan Parana. Yang membedakan Brasil dibandingkan penghasil kopi lainnya yaitu dari caranya mengolah kopi. Brasil biasanya mengeringkan kopi di bawah sinar matahari langsung tanpa dicuci, sehingga cita rasanya menjadi khas.

Selain menghasilkan kopi terbanyak, Brasil juga menduduki posisi pertama sebagai negara dengan konsumsi kopi terbanyak di dunia. Organisasi Kopi Internasional menyebutkan bahwa pada tahun 2015/2016 jumlah konsumsi kopi di negara ini sebanyak 20,5 juta karung berukuran 60 kg.

2. Vietnam

Vietnam menjadi negara penghasil kopi terbesar kedua. Negara menghasilkan kopi hingga 29 juta karung pada tahun 2020. Vietnam dikenal dengan biji kopi robustanya yang murah. Perlu diketahui bahwa, kopi jenis robusta ini mengandung kafein dua kali lebih banyak dibandingkan arabika. Jika Anda menyukai kopi dengan cita rasa pahit yang dominan, robusta bisa menjadi pilihan.

3. Kolombia

Negara penghasil kopi terbesar di dunia lainnya yaitu Kolombia. Kopi yang berhasil diproduksi negara ini mencapai 14,3 juta karung pada tahun 2020. Berbeda dengan Vietnam, Kolombia terkenal dengan biji arabikanya yang khas.

4. Indonesia

Nampaknya kita patut berbangga hati, pasalnya negara kita juga masuk dalam daftar negara penghasil kopi tersebar di dunia. Indonesia diketahui mampu menghasilkan kopi sebanyak 11,95 juta karung pada tahun 2020.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 lalu mencapai 774,60 ribu ton. BPS juga menyebutka bahwa Sumatra Selatan menjadi provinsi dengan produksi kopi terbesar sepanjang 2021. Jumlah kopi yang diproduksi provinsi ini mencpai 201,40 ribu ton.

Sama seperti Brasil, Indonesia juga termasuk konsumen kopi terbanyak di dunia. Jumlah konsumsi kopi di negara kita terus bertambah hingga periode 2018/2019. Tak tanya memproduksi dan mengonsumsi, Indonesia juga turut menjual kopi ke luar negeri.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...