2 Cara Tutup Toko di Shopee Sementara dan Mengelola Pesanan Saat Libur

Image title
30 Mei 2022, 14:59
cara tutup toko di Shopee
shopee
Ilustrasi, logo Shopee.

Perkembangan teknologi saat ini memungkin seorang penjual dan pembeli bisa bertransaksi melalui aplikasi, salah satunya aplikasi Shopee. Dengan aplikasi ini, penjual dan pembeli bisa bertransaksi kapan pun dan di mana pun mereka mau.

Kendati dalam hal operasional transaksi produk melalui Shopee lebih fleksibel, sejumlah aturan manajemen toko masih diperlukan oleh para penjual, seperti menutup toko untuk sementara.

Cara Tutup Toko di Shopee

Sebagai marketplace yang memiliki banyak pengguna, Shopee terus berkembang menghadirkan layanan terbaik bagi penggunannya, salah satunya fitur untuk menutup toko sementara atau toko libur.

Seperti toko fisik pada umumnya, pemilik toko di Shopee juga bisa menutup tokonya sementara. Ada berbagai alasan yang membuat penjual menutup toko sementara, baik karena hari besar, acara keluarga, masalah internal toko, dan sebagainya.

Meneruskan Shopee, Fitur Toko Libur memungkinkan penjual untuk menghentikan pesanan baru masuk ke toko untuk sementara waktu. Dengan mengaktifkan fitur ini, produk dan toko tidak dapat dicari pengguna lain, sehingga pembeli tidak dapat membuat pesanan baru. Hal ini membantu penjual menghindari batas waktu pengiriman yang terlewat saat berlibur.

Perlu diingat, sebelum mengaktifkan Fitur Toko Libur, pastikan Anda tidak memiliki promo yang sedang berlangsung, seperti Flash Sale Shopee, Promo Toko, Flash Sale Toko Saya, Promo Shopee, maupun Promo Voucher.

Anda dapat mengaktifkan Fitur Toko Libur dengan cara sebagai berikut:

1. Melalui Seller Centre

Untuk mengaktifkan fitur toko libur melalui Seller Centre bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Pilih menu "Pengaturan" > "Pengaturan Toko".
  • Pada halaman pengaturan toko, pilih tab "Pengaturan Dasar".
  • Aktifkan menu "Fitur Toko Libur".

2. Melalui Aplikasi Shopee

Untuk mengaktifkan fitur toko libur melalui aplikasi Shopee bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Pilih "Toko Saya" pada menu "Saya".
  • Pilih "Profil" dan "Pengaturan Toko".
  • Pilih "Pengaturan Toko".
  • Ketuk menu "Fitur Toko Libur".
  • Pilih "Aktifkan".

Setelah Fitur Toko Libur diaktifkan, semua produk di halaman toko Anda tidak akan ditampilkan. Produk Anda tidak akan muncul di halaman rekomendasi, tidak dapat diakses, dan tidak dapat dicari oleh pengguna lain.

Pembeli tidak bisa melakukan pesanan baru, karena tombol “beli sekarang” sudah dinonaktifkan. Namun, pembeli tetap dapat membayar pesanan yang telah dibuat.

Selama Fitur Toko Libur diaktifkan, penjual tetap harus membalas permintaan pengembalian atau pembatalan yang mereka terima. Selain itu, untu mengindari pesanan tidak terselesaikan saat fitur ini diaktifkan, maka perhatikan beberapa hal berikut:

  • Merespon permintaan pembatalan dan pengembalian barang segera. Jika tidak, maka permintaan tersebut akan disetujui secara otomatis. Jika memiliki banyak permintaan pembatalan dan pengembalian barang/dan atau pesanan yang tidak terselesaikan, penjual dapat dikenakan penalti karena tingkat pesanan tidak terselesaikan yang tinggi.
  • Pastikan semua pesanan yang masuk sudah terselesaikan. Fitur toko libur hanya mencegah masuknya pesanan baru sementara.

Mengelola Pesanan dan Chat saat Toko Libur

Walaupun toko libur sementara, pastikan untuk menghindari keterlambatan pengiriman dengan mematuhi batas waktu pengiriman yang ada dan mengelola ekspektasi pembeli dengan menggunakan fitur Auto-Reply.

Tetaplah memantau serta mematuhi batas waktu pengiriman pesanan pembeli dengan cermat. Anda bisa mengurutkan pesanan yang perlu dikirim mulai dari yang lama sampai yang paling baru. Cara ini mambantu menetapkan prioritas dan jumlah pesanan yang harus dikirim setiap harinya.

Saat mengaktifkan fitur toko libur, Anda dapat mengatur fitur Auto-Reply chat untuk mengelola ekspektasi pembeli. Dengan begitu, pembeli dapat memiliki pengalaman berbelanja yang baik. Anda dapat mengatur fitur ini pada "Asisten Chat" di Seller Center dengan memilih "Atur Sekarang" pada menu "Pengaturan Toko" ketika mengaktifkan "Fitur Toko Libur". Caranya:

  • Pilih "Atur Sekarang".
  • Pilih "Ubah" di bawah standar Auto-Reply.
  • Ubah pesan auto-reply sesuai keinginan Anda.
  • Terakhir, klik "Simpan".

Untuk menulis pesan auto-reply yang baik ketika mengaktifkan Fitur Toko Libur, Anda bisa menyertakan informasi atau hal-hal, seperti berapa lama Anda akan libur, waktu yang Anda butuhkan untuk menghubungi pembeli kembali, dan ucapan terima kasih atas ketertarikan pembeli pada produk Anda.

Menonaktifkan Fitur Toko Libur

Proses aktivasi Fitur Toko Libur membutuhkan waktu hingga satu jam. Setelah diaktifkan, fitur ini dapat dinonaktifkan kapan saja. Proses menonaktifkan Fitur Toko Libur sepenuhnya memakan waktu hingga satu jam. Setelah dinonaktifkan, fitur ini dapat diaktifkan kembali tiga jam kemudian.

Jika penjual menonaktifkan Fitur Toko Libur, maka:

  • Semua produk akan ditampilkan kembali di halaman toko dalam waktu satu jam.
  • Produk akan muncul kembali berdasarkan rekomendasi dalam waktu 24 jam.
  • Pembeli dapat membuat pesanan baru.
  • Produk dapat diubah atau ditambahkan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait