Cara Membuat Kliping dari Internet dengan Mudah

Image title
2 Juni 2022, 08:48
cara membuat kliping dari intenet
unspalsh.com
Ilustrasi, kumpulan gambar yang dicetak dari internet untuk keperluan pembuatan kliping.

Kliping sudah menjadi bagian pembelajaran sejak di bangku sekolah. Bahkan, kegiatan ini juga sering dilakukan di luar kegiatan akademik. Sebut saja oleh ibu-ibu rumah tangga, dengan tujuan sekadar mengoleksi resep dari media cetak. Oleh karenanya, aktivitas kliping bukan lagi hal yang asing dilakukan masyarakat.

Kegiatan  adalah suatu aktivitas mengumpulkan bahan, dengan cara menggunting artikel-artikel beserta gambar dari surat kabar, majalah, maupun dari sumber lainnya. Misalnya, bahan tangkapan layar dari gawai atau laptop yang mendukung proses pembuatan kliping. Tujuannya, sebagai bagian dari dokumentasi

Advertisement

Lalu timbul pertanyaan mengapa kliping itu penting? Karena kliping adalah produk atau karya berisi potongan artikel beserta gambar. Selain itu, bagaimana cara membuat kliping di era digital seperti saat ini? Simak ulasan singkat berikut ini.

Pengertian dan Manfaat Kliping

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kliping adalah guntingan atau potongan bagian tertentu dari surat kabar, majalah, dan sebagainya. Kemudian disusun dengan sistem tertentu.

Dikutip dari buku berjudul Seni Budaya Keterampilan karya Drs. Sri Murtono, M.Pd. dkk., definisi kliping lebih luas lagi. Kliping adalah suatu aktivitas mengumpulkan benda atau gambar, yang diatur sekreatif mungkin. Kemudian ditempelkan pada permukaan kertas buku maupun media lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, kliping dapat diartikan sebagai segala aktivitas yang mengumpulkan bahan berupa informasi, gambar, hingga benda. Lalu disusun serta diletakan pada bidang tertentu.

Jika mengacu pada pengertiannya, fungsi kliping adalah untuk mengemas ulang sebuah bacaan. Bahan bacaan tersebut bisa berupa artikel, berita, hingga foto. Cara membuat kliping memang tidak ada standar bakunya. Namun demikian, kalau kliping dibuat guna memenuhi tugas sekolah maka sistem penyusunannya bisa meniru format penulisan buku, makalah, serta tulisan ilmiah lainnya.

Dalam buku berjudul "Kendalikan Stres Anda", Bob Losyk menjelaskan, jika mengoleksi dan membuat sebuah kliping akan membantu meringankan stres yang diderita. Kliping membuat seseorang mengalihkan pikiran negatif atau semacamnya.

Selain bisa mengisi waktu luang, membuat kliping akan bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas. Misalnya, seseorang dapat menyusun kliping dari sebuah majalah lama, dengan menyisipkan ilustrasi komik sebagai penghiasnya. Kliping memungkinkan seseorang untuk mengingat kembali, serta bernostalgia pada kenangan menyenangkan di bangku sekolah dulu.

Cara Membuat Kliping dari Internet

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kliping adalah kepingan atau potongan dari media cetak seperti majalah, surat kabar ataupun hasil cetakan dari internet serta media cetak lainnya. Namun dengan berkembangnya media elektronik, seperti internet, kebanyakan orang beralih untuk mencari bahan dari internet.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement