Daftar Negara di Benua Afrika Beserta Ibu Kotanya

Image title
2 Juni 2022, 15:04
daftar negara di benua Afrika
pixabay.com/wikilmages
Ilustrasi, benua Afrika.

Bumi terbagi atas enam benua dan lima samudra. Benua adalah daratan yang sangat luas yang ada di permukaan bumi, sedangkan samudra adalah lautan yang sangat luas. Salah satu benua yang ada di bumi adalah benua Afrika.

Seputar Benua Afrika

Benua Afrika memiliki luas wilayah sekitar seperlima dari total permukaan bumi. Dengan demikian, kontinen ini menjadi yang terluas ketiga di dunia. Mengutip Britannia, wilayah Benua Afrika terpotong oleh Garis Khatulistiwa sehingga mayoritas Afrika beriklim tropis.

Advertisement

Batas-batas Benua Afrika, yaitu Samudra Atlantik di barat, Laut Merah dan Samudra Hindia di timur, Laut Mediterania di utara, dan Samudra Atlantik di selatan.

Secara astronomis benua Afrika berada di tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa, garis balik utara (23,5 derajat LU), dan garis balik selatan (23,5 derajat LS). Letak astronomis benua Afrika berada di 380 LU-350 LS dan 170 BB-510 BT.

Mengutip buku “Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX”, luas wilayah benua Afrika mencapai 30.319.000 km2. Luas wilayah tersebut menutupi sekitar 20% daratan di permukaan bumi.

Kebanyakan daerah Afrika memiliki curah hujan rendah. Ada gurun, lembah, dan pegunungan di beberapa negara. Benua Afrika memiliki gurun gersang dan tandus seperti gurun Sahara, Libia, Sahel, dan lembah Taoudenni.

Sementara itu di bagian selatan dan timur punya pegunungan lebih tinggi, dibanding wilayah utara dan barat. Tanzania memiliki gunung tertinggi di Afrika yaitu gunung Kilimanjaro. Selain itu, Benua Afrika memiliki sungai Nil, sungai terpanjang di dunia (6.690 km).

Daftar Negara di Benua Afrika

Meneruskan World Atlas, Benua Afrika didiami oleh lebih dari 1 miliar orang yang tersebar di 54 negara. Geoscheme PBB membagi benua ini menjadi lima wilayah, yakni Afrika Utara, Afrika Tengah, Afrika Barat, Afrika Timur, dan Afrika Selatan.

Wilayah dengan negara paling banyak ialah Afrika Timur, yakni sebanyak 18 negara, disusul Afrika Barat sebanyak 16 negara, Afrika Tengah sembilan negara, Afrika Utara terdiri dari enam negara, dan Afrika Selatan lima negara.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement