Daftar 8 Agama Tertua di Dunia, dari Hindu hingga Taoisme

Dwi Latifatul Fajri
2 Juni 2022, 17:23
agama tertua di dunia
pixabay.com/pvdberg
Ilustrasi, Candi Prambanan yang merupakan salah satu perwujudan budaya/agama Hindu di Indonesia.

Agama tertua di dunia dapat ditelusuri berdasarkan sejarah tertulis. Agama menjadi pengembangan peradaban dan pengalaman religius manusia. Agama tertua di dunia ini ditemukan dalam bukti prasejarah yang berasal dari catatan arkeologi, anggapan, dan sumber tidak langsung lain yang bisa diperdebatkan.

Contoh agama besar yang berkembang di seluruh dunia yaitu Kristen, Islam, Budha, dan Hindu. Agama yang berkembang ini sejarah tentang nabi dan pemimpin terkemuka. Berikut urutan agama tertua di dunia, mengutip dari travel.earth.

Agama Tertua di Dunia

1. Agama Hindu (7.000 SM)

Agama pertama di dunia adalah agama Hindu. Agama tertua di dunia ini tidak memiliki pendiri tertentu atau teks. Hindu menggabungkan kepercayaan dan banyak tradisi kuno. Kitab Weda sebagai kitab suci agama Hindu yang usianya hampir 3.500 tahun.

Agama Hindu ini terbagi 4 tujuan dalam kehidupan. Pertama adalah Dharma untuk menjalani kehidupan yang baik. Kedua, kama untuk kesenangan indera, ketiga Artha mencapai kekayaan dan kesuksesan. Keempat ada moksha untuk pelepasan dari reinkarnasi. Arkeolog menemukan hewan suci yaitu sapi dan banteng berada sekitar 7.000 SM.

2. Yudaisme (Sekitar 2.000 SM)

Agama Yudaisme didirikan oleh Musa. Agama Yudaisme memiliki kitab suci yaitu Taurat. Agama Yudaisme mengajarkan hanya ada satu Tuhan yang ingin orang melakukan keadilan dan penuh kasih.

3. Zoroastrianisme (Sekitar 1.500 SM)

Bukti arkeologis menemukan agama Zoroastrianisme, berasal dari 1.200 sampai 1.500 SM. agama ini percaya bahwa ada satu Tuhan yang disebut Ahura Mazda. Agama ini berkembang di Persia dari 600 SM sampai 650 SM.

Konsep agama hampir mirip dengan Yudaisme, Kristen, dan Islam. Zoroastrianisme berfokus pada dua sifat dunia yaitu baik, jahat, surga atau neraka.

4. Shinto (Sekitar 700 SM)

Banyak orang percaya bahwa agama Shinto resmi dimulai setelah agama Buddha diperkenalkan. Menurut catatan arkeologi, agama Shindo berasal dari beberapa dokumen yang berumur 700 SM.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...