7 Cara Memilih Investasi di Pasar Modal untuk Pemula

Dwi Latifatul Fajri
8 Juni 2022, 16:19
cara memilih investasi di pasar modal
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, seorang pialang memantau pergerakan pasar modal.

Investasi di pasar modal menjadi pembahasan menarik sekarang ini. Kemajuan teknologi memudahkan seseorang melakukan investasi secara online. Sekarang ini banyak platform investasi di pasar modal yang bisa dipilih pemula.

Pasar modal adalah tempat pertemuan antara penawaran dan permintaan surat berharga. Menurut Martalena dan Malinda (2011:2), pasar modal merupakan pasar instrumen keuangan yang diperjualbelikan. Instrumen keuangan ini contohnya surat utang, reksadana, ekuitas, instrumen derivatif, atau instrumen lain.

Advertisement

Pasar modal juga menjadi sarana pendanaan untuk perusahaan dan institusi lain sebagai sarana investasi. Jadi, pasar modal menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli sekuritas jangka panjang. Tempat terjadinya transaksi ini disebut bursa efek.

Cara Memilih Investasi di Pasar Modal

Teknologi yang berkembang membuat seseorang mudah melakukan investasi. Sebelum memilih investasi di pasar modal, anda perlu menggali informasi dan belajar terlebih dahulu.

Sebelumnya anda perlu mengetahui tujuan investasi saham untuk jangka pendek, menengah, atau panjang. Anda juga perlu mengetahui jenis investasi apa yang akan dipilih. Contohnya saja investasi saham dan reksadana dipilih untuk pemula.

Berikut cara memilih investasi di pasar modal untuk pemula:

1. Perencanaan Investasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana investasi. Produk investasi saat ini diminati oleh kalangan muda yang memiliki pengetahuan tentang keuangan. Sebagai pemula anda perlu selektif dan kritis untuk merencanakan investasi.

Merencanakan investasi ini dimulai dari prioritas kebutuhan. Misalnya anda ingin investasi untuk persiapan membeli rumah, kendaraan, pendidikan, atau kebutuhan lain. Tujuan investasi yang jelas membantu anda untuk konsisten melakukan investasi.

2. Pilih Instrumen Pasar Modal

Mengutip dari landx.id, instrumen pasar modal merupakan instrumen investasi yang diminati oleh pemula. Ada beragam investasi pasar modal yang memiliki profil risiko dan tujuan berbeda.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement