Ramah dan Pintar, Ini 10 Jenis Anjing yang Mudah Dipelihara

Image title
8 Juni 2022, 16:08
jenis anjing yang mudah dipelihara.
The Spruce Pets
Ilustrasi, Papillon, salah satu jenis anjing yang mudah dipelihara.

Sejak zaman dahulu, anjing sudah menjadi hewan peliharaan manusia. Beberapa sumber menyebut hewan mamalia berkaki empat ini sudah menjadi kawan manusia sejak 15.000 tahun lalu.

Memelihara anjing memang memiliki manfaat tersendiri bagi pemiliknya. Meneruskan Hallo Sehat, di samping lucu dan menggemaskan, hewan yang dilengkapi dengan 200-300 juta reseptor penciuman ini berkontribusi terhadap kesehatan jantung, menjaga agar tetap bugar dan aktif di usia tua, hingga meningkatkan kesehatan mental pemiliknya.

Oleh karena itu, tak sedikit yang rela merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah demi memeroleh anjing incaran mereka dan merawatnya sebaik mungkin.

Namun demikian, tidak semua anjing tergolong jinak dan mudah dipelihara. Ada beberapa anjing yang cenderung galak dan sulit akrab dengan manusia, dan tak sedikit pula yang memerlukan biaya selangit untuk merawatnya.

10 Jenis Anjing yang Mudah Dipelihara

Federation Cynologique Internationale (FCI) menyebut ada sekitar 399 ras anjing di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut beberapa di antaranya tergolong mudah untuk dipelihara. Menghimpun The Spruce Pets, Treehugger, cheatsheet.com dan sumber lainnya, berikut jenis anjing yang mudah dipelihara.

1. Labrador Retriever

Labrador Retrivier.
Labrador Retriever. (Wikipedia)

Labrador Retriever menjadi salah satu anjing yang paling populer di Amerika Serikat sebagai hewan peliharaan. Trah ini terkenal ramah dan berprilaku baik terhadap manusia maupun anjing lain.

Kepribadiannya yang santai membuat anjing Labrador mudah terikat dengan semua anggota keluarga. Temperamen anjing ini ramah dan aktif. Mereka juga tergolong anjing yang lucu, energik, dan pintar.

Anjing yang baik hati dan ramah ini hadir dalam tiga warna: kuning, hitam, dan cokelat. Mereka kuat, berukuran sedang, dan relatif mudah dilatih. Selain itu, mereka memiliki banyak energi, sehingga siap untuk melakukan banyak latihan dan permainan lempar tangkap setiap hari.

2. Beagle

Beagle
Beagle, jenis anjing yang mudah dipelihara (Katadata)

Badan pengasuh anjing di Amerika Serikat, American Kennel Club (AKC), memasukan Beagle dalam daftar anjing yang mudah dipelihara, santai, dan ramah. Anjing ini juga dicirikan sebagai anjing yang "gembira" dan "penasaran".

Anjing kecil yang aktif dan membutuhkan olahraga yang banyak ini tergolong anjing penyayang, menyenangkan, dan mudah bersahabat dengan manusia.

VetStreet melaporkan Beagle adalah salah satu ras yang ramah, mudah didekati, ceria, dan menyenangkan. Di samping itu, Beagle adalah jenis anjing yang sehat sehingga para peneliti kerap memilih Beagle untuk pengujian hewan yang kontroversial.

3. Cihuahua

CIhuahua
CIhuahua (freerangestock.com/)

Anjing berukuran kecil ini tergolong anjing yang setia. Mereka tidak segan untuk mengikuti pemiliknya ke manapun pemiliknya pergi.

Anjing Cihuahua membutuhkan teman hampir setiap saat. Mengutip playbarkrun.com, jika ditinggal sendirian dalam waktu lama, Cihuahua akan merasa bosan. Untuk menghilangkan kebosanan, mereka akan banyak menggonggong atau mengunyah.

Meskipun berkaki mungil, anjing ini punya energi yang meluap-luap. Berjalan kaki selama 30 menit dapat membantu mengekang prilaku buruk anjing cihuahua, seperti menggongong berlebihan. Selain itu, mereka senang di tempat yang sejuk.

4. Dachshund

Dachshund
Dachshund (Pixabay)

Anjing dengan masa hidup 12-16 tahun ini adalah jenis anjing penyayang dan bisa menjadi teman baik manusia. Dachshund hadir dalam dua ukuran, kecil dan sedang. Varietas yang berambut panjang cenderung membutuhkan perawatan yang lebih banyak daripada yang berambut pendek.

Trah ini memiliki sisi keras kepala sehingga membutuhkan pelatihan dasar dalam jumlah sedang agar mereka menjadi lebih penurut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...