Ragam Cara Menahan Bola dalam Permainan Sepak Bola

Image title
9 Juni 2022, 14:24
cara menahan bola dalam permainan sepak bola
ANTARA FOTO/REUTERS/Lee Smith/aww/cf
Ilustrasi, cara menahan bola dalam permainan sepak bola.

Dalam bermain sepak bola, ada beberapa teknik yang perlu dikuasai dan ditingkatkan, mulai dari menendang (kicking), menghentikan atau mengontrol (stoping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), merampas (tackling), lemparan ke dalam (throw–in), dan menjaga gawang (goal keeping).

Meski demikian, pada dasarnya teknik bermain sepak bola ada dua, yaitu menendang bola dan menahan bola. Dalam artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang cara menahan bola dalam permainan sepak bola.

Advertisement

Cara Menahan Bola dalam Permainan Sepak Bola

Menahan atau menghentikan bola adalah salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola. Tujuan teknik ini adalah untuk mengontrol bola, yang di dalamnya juga termasuk untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan mempermudah dalam melakukan passing.

Mengutip bahan belajar "Modul 1 Permainan Bola Besar" oleh Dudi Hartono dan Asep Saefudin yang diakses melalui laman direktori.pauddikmasjabar.kemdikbud.go.id, berikut beberapa cara menahan bola dalam permainan sepak bola:

1. Menahan Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Untuk mengontrol bola dengan kaki bagian dalam, awali dengan sikap menghadap arah datangnya bola dan pusatkan pandangan ke arah gerakan bola. Kemudian, putar pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah luar dan kunci. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Julurkan kaki yang akan digunakan untuk menahan bola ke arah datanganya bola.
  • Tarik kembali ke belakang mengikuti arah gerakan bola saat bola mengenai kaki bagian dalam hingga gerak bola berhenti di depan badan.
  • Bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang tidak digunakan dijadikan tumpuan berat badan.
  • Fokuskan padangan pada bola.

2. Menahan Bola dengan Kaki Bagian Luar

Seperti biasa, berdiri menghadap arah gerakan bola. Letakan kaki tumpu di samping bola, dan sikap kedua lengan agak terentang. Pergelangan kaki yang akan digunakan menghentikan bola diputar ke dalam dan dikunci. Kemudian, ikuti langkah berikut:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement