7 Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Mengubah Foto ke PDF

Image title
13 Juni 2022, 15:12
cara mengubah foto ke PDF
William Fortunato/Pexels
Ilustrasi, seseorang tengah mengambil gambar atau foto melalui smartphone.

Cara mengubah foto ke PDF terkadang diperlukan untuk memenuhi persyaratan suatu administrasi online. Format PDF dikenal sebagai jenis file yang cenderung lebih aman dibanding dengan jenis lainnya.

File PDF adalah format file yang dapat dibuka dengan memanfaatkan Adobe Reader tanpa harus menggunakan program asli dari pembuatnya. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna dalam berkirim dan mengakses file.

Sekilas tentang PDF

Meneruskan Katadata, PDF atau portable document format adalah format file umum yang dikembangkan oleh Adobe. Pada 1991, salah satu pendiri Adobe, yaitu John Warnock, meluncurkan revolusi pengubahan dokumen kertas ke digital dengan ide yang bernama The Camelot Project. Tujuannya adalah untuk memungkinkan siapa saja mengakses, mengirim, melihat serta mencetak dokumen dari aplikasi apa pun, di mana saja, dan dari mesin apa pun.

Kemudian pada tahun 1992, The Camelot Project telah berkembang menjadi PDF yang kita kenal sekarang. PDF menjadi format file yang digunakan oleh berbagai orang dan bisnis di seluruh dunia. Format ini menjadi populer karena portabel, sederhana, ringan, dan mudah untuk dibaca. PDF juga dapat diedit dan dikonversi menjadi bentuk lain.

Selain itu, PDF dapat digunakan sebagai format baru untuk dokumen kertas dan formulir yang dipindai menggunakan scanner untuk disimpan sebagai soft file yang mudah dicari, dibagikan, dan disimpan. Penggunaan format PDF tidak dipungut biaya apa pun, Adobe memiliki paten resmi untuk PDF, tetapi penggunaannya bebas dan gratis.

Cara Mengubah Foto ke PDF

Mengutip berbagai sumber, berikut cara mengubah file foto menjadi PDF.

1. Small PDF

Mengubah foto ke format PDF bisa dilakukan melalui laman Small PDF. Berikut langkah-langkahnya:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...