6 Cara Mengetahui Ciri Ikan Segar yang Layak Konsumsi

Image title
14 Juni 2022, 21:12
ciri ikan segar
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.
Ilustrasi, pedagang mengambil daging ikan segar yang akan dijual di Pasar Pulo Payung Dumai, Riau.

Ikan merupakan sumber makanan sehat yang sangat dibutuhkan manusia. Kandungan gizi, terutama pada ikan segar akan memberi manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Setiap orang bisa membeli ikan di pasar tradisional sampai supermarket. Namun, tidak semua ikan yang dijual dalam kondisi segar. Mengetahui ciri-ciri ikan akan segar membantu seseorang untuk mendapatkan bahan makanan yang layak konsumsi.

Advertisement

Di Indonesia tingkat konsumsi ikan terus mengalami peningkatan. Merujuk databoks, berdasarkan laporan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menunjukkan, angka konsumsi ikan nasional tahun 2020 sebesar 56,39 kg/kapita. Angka ini naik 3,47% dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 54,5 kg/kapita.

Data di atas bisa menjadi salah satu indikator bahwa masyarakat Indonesia mulai sadar akan pentingnya konsumsi ikan segar. Sebab, jika dibandingkan dengan jenis daging hewani lainnya, daging ikan segar sangat rendah kolesterol dan lemak jenuh.

Daging ikan segar juga menyediakan nutrisi penting. Ikan segar adalah sumber asam lemak omega-3 yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara teratur. Melansir dari situs Sariagri.id dan sumber lainnya, simak ciri-ciri ikan segar berikut ini.

Cara Mengetahui Ciri Ikan Segar yang Layak Konsumsi

Ikan merupakan bahan pangan yang mudah mengalami pembusukan. Oleh sebab itu, penting bagi seseorang untuk mengetahui ciri-ciri ikan segar yang layak konsumsi. Sehingga, dia bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi yang terkandung pada daging ikan tersebut.

Ciri-ciri ikan segar umumnya bisa dilihat dari kondisi fisiknya. Ikan segar adalah ikan yang belum mengalami pembusukan, dan biasanya baru saja ditangkap.

Untuk lebih jelasnya, simak tips dan cara mengetahui ciri ikan segar yang layak konsumsi berikut ini:

1. Melihat Kondisi Mata Ikan

Cara mengetahui ciri-ciri ikan yang pertama adalah dengan melihat kondisi matanya. Menurut situs resmi KKP, ikan segar biasanya memiliki mata cerah, bening, dan kondisinya cembung serta terasa menonjol jika diraba.

Sementara Ikan yang sudah lama dan mulai busuk akan tampak pudar, berkerut, cekung, serta tenggelam. Artinya, ikan yang seperti ini sudah tidak segar lagi.

Daging ikan segar, terutama yang berminyak seperti ikan salmon, makarel, herring, lake trout, sarden, atau tuna yang dikonsumsi dua kali seminggu bisa membantu seseorang untuk menurunkan risiko gagal jantung serta serangan jantung. Ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement