8 Makanan Tinggi Kalori, dari Nasi Sampai Telur

Image title
15 Juni 2022, 14:15
makanan tinggi kalori.
Pexels.com/Cats Coming
Ilustrasi, makanan tinggi kalori.

Bagi sebagian orang, khususnya mereka yang tengah menjalankan program diet, makanan berkalori tinggi adalah sesuatu yang mesti dihindari. Namun, hal ini tidak berlaku buat orang dengan berat badan rendah.

Kalori dapat membantu peningkatan berat badan. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan jumlah kalori dengan kebutuhan. Mengutip Alodokter, rata-rata kebutuhan kalori yang diperlukan oleh orang dewasa berkisar 2.000-3.000 kalori per hari. Kekurangan maupun kelebihan asupan kalori dapat memengaruhi kesehatan.

Orang yang kelebihan kalori berpotensi obesitas dan mengundang berbagai penyakit kronis seperti hipertensi dan hiperinsulinemia. Sementara, orang yang kekurangan kalori dalam tubuhnya cenderung menjadi lemah, anemia dan kekurangan berat badan.

Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori

Makanan berkalori tinggi memberi seseorang lebih banyak energi dan nutrisi daripada makanan rendah kalori. Ada segudang alasan mengapa seseorang perlu mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Seseorang dengan kondisi medis tertentu atau malnutrisi disarankan memasukkan makanan berkalori tinggi ke dalam asupan harian mereka.

Jika memungkinkan, ada baiknya mencari nasihat dari ahli gizi yang berkualifikasi dan belajar tentang konsekuensi dari mengkonsumsi makanan. Mengutip healthifyme.com dan sumber terkait lainnya, berikut rekomendasi makanan tinggi Kalori.

1. Nasi

Nasi adalah sumber karbohidrat padat kalori yang secara signifikan akan membantu seseorang dalam penambahan berat badan.

Satu cangkir nasi putih mengandung sekitar 200 kalori, 44 gram karbohidrat dan sangat sedikit lemak. Ini juga merupakan sumber makanan berkalori tinggi yang ramah kantong dan nyaman.

2. Susu

Selama beberapa dekade, susu dipercaya sebagai sumber nutrisi untuk menambah berat badan atau membangun otot. Mengutip Healthline, susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat, lemak baik, dan merupakan sumber kalsium yang baik, serta vitamin dan mineral lainnya.

Bagi mereka yang mencoba menambah lebih banyak otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik yang menyediakan protein kasein dan whey. Penelitian menunjukkan susu menambah otot ketika dikombinasikan dengan olahraga angkat besi.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan padat kalori, dan oleh karena itu, hanya beberapa genggam per hari dapat memberi ratusan kalori dan membantu menambah berat badan dengan sehat. Di samping itu, kacang-kacangan mengandung protein, vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat dalam jumlah yang baik.

Kacang pohon, khususnya, adalah makanan padat kalori dan nutrisi yang kaya akan senyawa bioaktif dan asam lemak sehat. Selain itu, jenis kacang yang mengandung kalori paling tinggi adalah kacang macadamia yang mengandung 201 kalori per 28 gramnya.

4. Daging Merah

Daging merah termasuk makanan pembentuk otot terbaik yang dapat dikonsumsi. Dalam 170 gram steak, misalnya, mengandung sekitar 5 gram leusin.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...