Cara Menghapus Akun TikTok dengan Mudah dan Praktis

Berikut sejumlah cara menghapus akun TikTok yang mudah dilakukan bagi siapapun dengan waktu singkat.
Image title
27 Juni 2022, 12:37
cara menghapus akun TikTok
Unsplash/May Gauthier
Ilustrasi cara menghapus akun TikTok yang mudah dilakukan bagi siapapun dengan waktu singkat.

TikTok dikenal sebagai platform media sosial berbasis video pendek. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang menarik, termasuk musik dan efek spesial untuk mempercantik video sebelum dibagikan.

Namun, sebagian orang ada yang memiliki keinginan untuk menghapus akun TikToknya dengan beraneka alasan. Bagi pengguna yang memiliki keinginan untuk menghapus akun TikTok, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini ulasan singkat mengenai cara menghapus akun TikTok, yang dihimpun dari berbagai sumber.

Cara Menghapus Akun TikTok

Setidaknya ada tujuh langkah yang bisa dilakukan untuk mengapus akun TikTok. Beberapa langkah yang dimaksud, antara lain:

 

Advertisement
  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. Login ke akun TikTok yang ingin dihapus.
  3. Pilih menu profil yang ada di pojok kanan bawah.
  4. Pilih ikon 3 garis horizontal yang ada di pojok kanan atas.
  5. Pilih pengaturan dan privasi.
  6. Pilih kelola akun.
  7. Terakhir, pilih hapus akun.

Dengan demikian, akun TikTok lama otomatis terhapus. Jika ternyata pengguna masih berniat ingin mempertahankan, atau menggunakan kembali akun TikTok lama, aplikasi ini masih memberikan kesempatan untuk login kembali dalam jangka waktu 30 hari. Setelah 30 hari, maka akun yang sudah dihapus otomatis terhapus secara permanen.

Bagaimana jika pengguna ingin menghapus akun TikTok, namun tidak bisa login karena lupa kata sandi atau password? Untuk masalah seperti ini, maka jalan satu-satunya yang harus dilakukan adalah login menggunakan kode, sebelum kemudian menghapus akun tersebut.

Seperti telah disebutkan, jika pengguna tidak mengingat kata sandi untuk login di aplikasi TikTok, maka bisa masuk menggunakan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel atau handphone yang terdaftar. Setelah itu, baru pengguna bisa menghapus akun. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. Masuk ke menu login.
  3. Pilih opsi lupa kata sandi.
  4. Masukkan nomor handphone yang terhubung dengan akun TikTok.
  5. Pastikan nomor masih aktif serta terdapat koneksi internet.
  6. Pilih opsi kirim kode.
  7. Tunggu kode yang dikirimkan oleh pihak TikTok via SMS.
  8. Setelah menerima kode, lalu copy kode tersebut.
  9. Masuk lagi ke aplikasi TikTok dan masukkan atau paste kode dari SMS tadi.
  10. Otomatis pengguna akan masuk ke akun TikTok.
  11. Terakhir, hapus akun TikTok lama via pengaturan TikTok.

Cara Menghapus Akun TikTok Melalui Gawai

Untuk menghapus akun TikTok melalui gawai, baik iPhone, iPad atau ponsel android, pengguna terlebih dahulu masuk ke aplikasi yang sebelumnya sudah diinstal. Aplikasi ini ditandai oleh ikon not musik berwarna hitam dan putih, yang biasanya ditampilkan di home screen pada iPhone/iPad atau halaman aplikasi pada ponsel berbasis android.

Patut diingat, akun yang dihapus tidak secara langsung menghilang secara permanen. Namun, akun TikTok terlebih dahulu akan melalui fase non-aktif. Pada fase ini, akan akan dinonaktifkan selama 30 hari sebelum dihapus dari server TikTok. Jika pengguna memutuskan untuk mengaktifkan kembali akun dalam jangka waktu tersebut, cukup akses akun menggunakan informasi login.

Kemudian, jika pengguna menghapus akun, maka akan kehilangan akses ke semua konten akun. Jika pengguna sebelumnya sudah membeli konten dari aplikasi, maka tidak bisa mendapatkan pengembalian dana.

Cara menghapus akun TikTok melalui gawai, baik yang berbasis iOS maupun android adalah sebagai berikut:

  1. Sentuh ikon menu tiga titik, yang berada di pojok kanan atas layar.
  2. Sentuh Manage My Account, yang berada di bagian atas menu.
  3. Geser layar dan sentuh Delete Account. Opsi ini berada di bagian bawah halaman “Manage My Account”. Halaman konfirmasi yang menampilkan detail penghapusan akun akan ditampilkan.
  4. Apabila Anda membuat akun menggunakan layanan media sosial seperti Twitter atau Facebook, Anda perlu menyentuh opsi “Verify and Continue” untuk masuk ke layanan tersebut sebelum halaman konfirmasi ditampilkan.
  5. Tekan Delete Account berwarna merah, yang berada di bagian bawah layar. Setelah menekan opsi ini, maka jendela konfirmasi akan ditampilkan. Pada langkah ini, pengguna mungkin diminta memverifikasi nomor telepon dan memasukkan kode konfirmasi untuk melanjutkan proses penghapusan, tergantung kepada pengaturan akun. Ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar untuk melakukan verifikasi jika diminta.
  6. Sentuh Delete untuk mengonfirmasi pilihan, dan pengguna akan segera keluar dari akun TikTok. Sekarang akun sudah dinonaktifkan dan video-video yang sudah diunggah tidak dapat dilihat oleh pengguna lain pada aplikasi. Jika pengguna mengubah pikiran, bisa mengakses kembali akun sebelum jangka waktu 30 hari berakhir untuk mengaktifkan akun.

Patut diingat, bahwa penghapusan akun ini tidak dapat dibatalkan, bakal menghapus semua informasi pengguna, termasuk nama pengguna, video, jumlah penggemar, dan jumlah tanda suka dari platform. Meski demikian, informasi yang tersimpan di dalam riwayat dapat tetap terlihat oleh penerima yang bersangkutan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait