Memhami Cara Menghitung BMI Beserta Kategorinya

Cara menghitung BMI atau Body Mass Index adalah dengan cara membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.
Image title
27 Juni 2022, 15:10
cara menghitung bmi
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Ilustrasi, fitness center atau pusat kebugaran.

Memeroleh berat badan yang ideal adalah dambaan hampir setiap orang. Sebab, berat yang ideal menawarkan tubuh prima dan sehat serta penampilan yang lebih menarik.

Namun, di sisi lain masih ada beberapa orang yang bingung terkait cara menghitung dan menentukan berat badan yang ideal. Padahal, menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan mudah lewat metode perhitungan BMI atau Indeks Massa Tubuh (IMT).

Meneruskan Hello Sehat, IMT adalah nilai ukur untuk mengetahui status gizi seseorang berdasarkan berat dan tinggi badannya. Angka ini bisa menjadi alat skrining awal untuk mengetahui risiko seseorang terhadap penyakit tertentu. Metode ini dapat digunakan untuk orang yang berusia di atas 18 tahun.

Cara Menghitung BMI

Body Mass Index atau BMI adalah perhitungan berdasarkan berat dan tinggi badan. Metode perhitungan yang satu ini terbilang mudah dan dapat memberikan informasi akurat terkait masalah berat badan. Di samping itu, kalkulator BMI juga sudah tersedia secar luas di internet dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Advertisement

BMI adalah angka yang menjadi patokan dalam menentukan apakah berat badan seseorang tergolong normal, kurang, atau justru obesitas. Metrik ini kerap dijadikan acuan untuk memperkirakan apakah berat badan seseorang terbilang sehat atau tidak.

Rumus metode ini dilakukan dengan cara membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Contoh, jika seseorang memiliki berat badan 75kg dan tinggi badan 1,65m (165cm), BMI orang tersebut adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal = Berat badan (kg) / (tinggi badan x tinggi badan (m))

BMI = 75kg / (1,65 x 1,65) = 27,55.

Contoh lain, misalnya seseorang memiliki berat badan 53kg dan tinggi 1,58m. Maka berat badan ideal yang seharusnya dimilikinya bisa dihitung dengan cara:

BMI = 53kg / (1.58 x 1.58) = 21.2

Kategori BMI

Untuk menentukan apakah berat badan yang diperoleh lewat perhitungan BMI tergolong berat badan ideal atau tidak, terdapat kategori tertentu. Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, ada lima kategori BMI, yaitu:

  • Kategori sangat kurus jika indeks massa tubuh kurang dari 17.
  • Kategori kurus jika indeks massa tubuh di antara 17 sampai kurang dari 18.4.
  • Kategori normal jika indeks massa tubuh di antara 18.5 sampai 25.
  • Kategori gemuk jika indeks massa tubuh di antara 25.1 sampai 27.
  • Kategori sangat gemuk jika indeks massa tubuh lebih dari 27.

Walaupun BMI bermanfaat untuk menentukan kondisi berat badan, metode ini tidak semata-mata memberikan informasi kondisi tubuh secara menyeluruh. Untuk mengetahui hal tersebut, bisa dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter.

Risko Obesitas dan Kekurangan Berat Badan

Berat badan berlebih maupun kekurang berat badan sama-sama menyebabkan seseorang berisiko terkena penyakit tertentu. Beberapa penyakit justru dapat mengancam nyawa dan memerlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter atau ahli medis lainnya.

Obesitas adalah kategori BMI di atas 30. Obesitas dapat membawa efek buruk bagi tubuh, meningkatkan risiko kematian, serta mengembangkan kondisi kesehatan tertentu, seperti: diabetes tipe 2, kolesterol, jantung koroner, stroke, sleep apnea, masalah pernapasan, kanker, sampai kondisi kesehatan mental.

Sementara itu, orang yang kekurangan berat adan atau BMI di bawah 18,5, juga memiliki risiko penyakit tertentu akibat kekurangan nutrisi dan melemahnya sistem kekebalan tubuh, seperti: malnutrisi, anemia, osteoporosis, masalah kesuburan, risiko komplikasi operasi, pertumbuhan dan perkembangan yang terhambat pada anak.

Cara Memeroleh Berat Badan Ideal

Untuk mendapatkan bobot tubuh yang proporsioanl ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini cara mendapatkan berat badan ideal:

1. Konsumsi makanan cukup nutrisi

Berat badan ideal bukan hanya seputar angka dalam satuan kilogram saja, tapi kandungan nutrisi yang tercukupi juga sangat penting. Untuk itu, pastikan nutrisi tubuh Anda. Konsumsi makanan bergizi seimbang mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan jangan lupa juga minuman yang sehat.

2. Olahraga dengan rutin

Selain membantu tubuh untuk tetap fit, olahraga yang rutin juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan berat badan ideal. Jika kini berat badan sudah terlalu gemuk, Anda bisa melakukan serangkaian program olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan sampai ke angka normal atau ideal.

3. Menambah asupan kalori

Jika keluhan Anda saat ini adalah tubuh yang terlalu kurus, maka salah satu upaya agar berat badan Anda naik hingga menjadi ideal bisa dengan menambahkan kalori. Beberapa makanan sehat yang bisa menambah kalori, di antranya susu, keju, krim, dan beberapa makanan lain sesuai anjuran dokter gizi Anda.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait