Memahami Cara Menghitung BMI Beserta Kategorinya

Image title
27 Juni 2022, 15:10
cara menghitung bmi
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Ilustrasi, fitness center atau pusat kebugaran.

Memeroleh berat badan yang ideal adalah dambaan hampir setiap orang. Sebab, berat yang ideal menawarkan tubuh prima dan sehat serta penampilan yang lebih menarik.

Namun, di sisi lain masih ada beberapa orang yang bingung terkait cara menghitung dan menentukan berat badan yang ideal. Padahal, menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan mudah lewat metode perhitungan BMI atau Indeks Massa Tubuh (IMT).

Meneruskan Hello Sehat, IMT adalah nilai ukur untuk mengetahui status gizi seseorang berdasarkan berat dan tinggi badannya. Angka ini bisa menjadi alat skrining awal untuk mengetahui risiko seseorang terhadap penyakit tertentu. Metode ini dapat digunakan untuk orang yang berusia di atas 18 tahun.

Cara Menghitung BMI

Body Mass Index atau BMI adalah perhitungan berdasarkan berat dan tinggi badan. Metode perhitungan yang satu ini terbilang mudah dan dapat memberikan informasi akurat terkait masalah berat badan. Di samping itu, kalkulator BMI juga sudah tersedia secar luas di internet dan bisa digunakan oleh siapa saja.

BMI adalah angka yang menjadi patokan dalam menentukan apakah berat badan seseorang tergolong normal, kurang, atau justru obesitas. Metrik ini kerap dijadikan acuan untuk memperkirakan apakah berat badan seseorang terbilang sehat atau tidak.

Rumus metode ini dilakukan dengan cara membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Contoh, jika seseorang memiliki berat badan 75kg dan tinggi badan 1,65m (165cm), BMI orang tersebut adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal = Berat badan (kg) / (tinggi badan x tinggi badan (m))

BMI = 75kg / (1,65 x 1,65) = 27,55.

Contoh lain, misalnya seseorang memiliki berat badan 53kg dan tinggi 1,58m. Maka berat badan ideal yang seharusnya dimilikinya bisa dihitung dengan cara:

BMI = 53kg / (1.58 x 1.58) = 21.2

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement