Tips Membeli Barang Inden Agar Tidak Tertipu

Barang inden adalah barang-barang yang dibeli dengan cara memesan dan membayarnya terlebih dahulu. Jenis barang ini cukup beragam, salah satunya rumah. Berikut ini tips membeli barang inden yang aman.
Siti Nur Aeni
4 Juli 2022, 17:54
barang inden
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Ilustrasi, pembangunan rumah.

Apakah Anda pernah membeli barang inden? Atau justru Anda belum memahami apa itu inden? Menurut keterangan di Kamus Besar Indonesia, inden adalah pembelian barang dengan cara memesan dan membayar lebih dahulu.

Dengan demikian, definisi barang inden adalah barang atau produk yang dibeli dengan cara memesan dan membayarnya terlebih dahulu. Hal tersebut tak berbeda jauh dengan keterangan di repository.iainbengkulu.ac.id, yang menyebutkan bahwa indent adalah sistem jual beli dengan cara memesan terlebih dahulu.

Jual beli akan dianggap sah apabila penjual dan pembeli sudah saling setuju terkiat produk yang diperjualbelikan dan harga atas produk tersebut. Sistem jual beli dengan cara ini sebenarnya bisa dilakukan pada produk apapun.

Salah satu barang inden yang sering diperjualbelikan yaitu properti atau rumah. Jual beli properti dengan sistem ini sebenarnya memiliki risiko yang cukup besar. Salah satunya risiko penipuan. Maka dari itu, Anda harus ekstra berhati-hari jika ingin membeli rumah dengan cara inden.

Advertisement

Lantas, bagaimanakah cara agar bisa membeli barang inden dengan aman? Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi lebih lengkap.

Tips Membeli Rumah Secara Inden

Salah satu ketakutan saat hendak membeli rumah inden yaitu ketakutan di tipu oleh pengembang atau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini sejumlah tips barang inden khusus rumah yang perlu Anda pahami.

1. Cek Reputasi Pengembang dan Perizinannya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli rumah secara inden yaitu memastikan bahwa reputasi pengembang baik. Pastikan pengembang telah berpengalaman dengan demikian, properti yang Anda beli bisa ditangani dengan baik.

Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa proyek properti tersebut telah memiliki IMB atau Izin Mendirikan Bangunan. Dengan adanya IMB menandakan bahwa pengembang memang terpercaya dan bisa bertanggung jawab atas proyek tersebut.

2. Awasi Proses Pembangunan

Sebagai pembeli Anda berhak untuk mengawasi proses pembangunan rumah tersebut. Pengawasan ini penting untuk dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam proses pembangunan rumah. Anda juga harus memastikan bahwa material yang digunakan sesuai dengan perjanjian dengan pengembangan. Dengan demikian, bangunan bisa berdiri dengan kokoh dan aman untuk dihuni.

3. Pahami Isi Perjanjian

Saat hendak membeli barang inden khususnya rumah, biasanya antar kedua belah pihak akan menandatangani perjanjian peningkatan jual beli atau PPJB. Perjanjian peningkatan jual beli adalah perjanjian yang dibuat saat seseorang membeli rumah.

Umumnya, dalam PPJB tercantum waktu pembangunan selesai, serah terima kunci, hingga konsekuensi saat pengembang ingkar janji. Pahami seluruh isi perjanjian tersebut agar Anda tidak merugi.

4. Lakukan Transaksi Lewat Bank

Tips membeli rumah inden selanjutnya yaitu pastikan seluruh transaksi pembelian dilakukan lewat bank. Tujuannya, agar tidak terjadi penipuan dan seluruh pembayaran tercatat dengan rapi. Pastikan juga Anda melakukan pembayaran ke rekening resmi milik pengembang. Cek nama penerima, nominal yang dibayarkan, dan simpan bukti pembayaran.

Keuntungan Membeli Rumah Inden

Beberapa tips di atas penting untuk diperhatikan agar Anda tidak mengalami kerugian saat membeli rumah secara inden. Meskipun demikian, membeli rumah secara inden ternyata masih menghadirkan sejumlah keuntunga. Apa saja keuntungannya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Harga Relatif Murah

Rumah yang dijual dengan sistem inden umumnya rumah yang belum dibangun atau masih dalam proses pembangunan. Oleh sebab itu, rumah yang dibeli dengan sistem ini memiliki harga yang relatif murah.

2. Rumah Masih Baru

Ketika Anda membeli barang inden khususnya rumah, artinya sama saja Anda membeli rumah baru yang belum pernah ditempati orang lain. Dengan rumah baru ini, maka Anda bisa menempati rumah dalam kondisi yang masih bagus, jadi tak perlu melakukan renovasi atau perbaikan.

3. Sebagai Bentuk Investasi Masa Depan

Kita pasti setuju bahwa harga rumah dari waktu ke waktu terus meningkat. Maka dari itu, membeli rumah dengan harga murah bisa menjadi bentuk investasi untuk masa depan. Jadi, jika suatu hari nanti Anda ingin menjual rumah tersebut, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan karena harga jual lebih tinggi dibandingkan harga beli.

4. Bebas Memilih Lokasi dan Arah Rumah

Saat hendak membeli rumah secara iden, Anda diminta untuk memilih lokasi hingga arah rumah yang diinginkan. Tak hanya itu, Anda juga memiliki kebabasan untuk memilih tipe rumah yang dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

5. Dapat Mengetahui Progres Pembangunan

Jika membeli barang iden khususnya rumah, Anda memiliki kebebasan untuk mengetahui progres pembangunan rumah tersebut. Hal ini sangat diperlukan untuk memastikan pembangunan rumah dilakukan dengan baik dan sesuai prosedur.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait