Memahami Cara Hapus Akun Facebook Sementara dan Permanen

Image title
5 Juli 2022, 14:15
Ilustrasi cara hapus akun Facebook.
Solen Feyissa/Unsplash
Ilustrasi cara hapus akun Facebook.

Sejak didirikan pada 2004, layanan jejaring sosial Facebook sudah menarik sejumlah pelanggan. Daya tarik Facebook yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman, kerabat, maupun rekan bisnis serta berbagai fitur menarik lainnya berhasil memikat banyak pengguna.

Bahkan, platform rakitan Mark Zuckerberg ini tercatat sebagai salah satu platform media sosial terpopuler di dunia dengan pengguna aktif mencapai 2,9 miliar sepanjang 2021. Sementara itu, di Indonesia terdapat 129,85 juta pengguna Facebook per Januari 2022.

Namun demikian, karena berbagai alasan tak sedikit pengguna Facebook yang memilih menghapus akun mereka baik sementara maupun permanen. Sebagian dari mereka lebih tertarik dengan platform media sosial lainnya yang mulai naik daun.

Lalu, bagaimana cara menghapus akun Facebook?

Cara Hapus Akun Facebook Permanen

Berdasarkan Pusat Bantuan Facebook yang diakses melalui laman id-id.facebook.com/help, pengguna dapat secara bebas menghapus akun Facebook mereka.

Menghapus akun secara permanen membuat pengguna tidak lagi bisa mengaktifkan ulang akun mereka. Profil hingga video yang pernah ditambahkan juga akan terhapus permanen dan seluruh data yang pernah ditambahkan tidak lagi bisa dipulihkan.

Selain itu, pengguna tidak lagi bisa menggunakan akun Facebook untuk login di aplikasi lain. Beberapa informasi, seperti pesan yang dikirim kepada teman, mungkin masih bisa mereka lihat. Salinan pesan yang telah Anda kirim disimpan dalam kotak masuk teman pengguna.

Untuk itu, sebelum menghapus akun Facebook, Anda mungkin perlu login dan mengunduh salinan informasi Anda (seperti foto dan postingan) dari Facebook. Sebab, setelah akun terhapus, pengguna tidak bisa memulihkan data apa pun yang pernah ditambahkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...