Memahami Cara Hapus Akun Facebook Sementara dan Permanen

Cara hapus akun Facebook bisa dilakukan baik untuk sementara maupun permanen. Namun, ada beberapa ketentuan yang mesti diketahui pengguna sebelum memutuskan untuk menghapus akun.
Image title
5 Juli 2022, 14:15
Ilustrasi cara hapus akun Facebook.
Solen Feyissa/Unsplash
Ilustrasi cara hapus akun Facebook.

Sejak didirikan pada 2004, layanan jejaring sosial Facebook sudah menarik sejumlah pelanggan. Daya tarik Facebook yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman, kerabat, maupun rekan bisnis serta berbagai fitur menarik lainnya berhasil memikat banyak pengguna.

Bahkan, platform rakitan Mark Zuckerberg ini tercatat sebagai salah satu platform media sosial terpopuler di dunia dengan pengguna aktif mencapai 2,9 miliar sepanjang 2021. Sementara itu, di Indonesia terdapat 129,85 juta pengguna Facebook per Januari 2022.

Namun demikian, karena berbagai alasan tak sedikit pengguna Facebook yang memilih menghapus akun mereka baik sementara maupun permanen. Sebagian dari mereka lebih tertarik dengan platform media sosial lainnya yang mulai naik daun.

Lalu, bagaimana cara menghapus akun Facebook?

Advertisement

Cara Hapus Akun Facebook Permanen

Berdasarkan Pusat Bantuan Facebook yang diakses melalui laman id-id.facebook.com/help, pengguna dapat secara bebas menghapus akun Facebook mereka.

Menghapus akun secara permanen membuat pengguna tidak lagi bisa mengaktifkan ulang akun mereka. Profil hingga video yang pernah ditambahkan juga akan terhapus permanen dan seluruh data yang pernah ditambahkan tidak lagi bisa dipulihkan.

Selain itu, pengguna tidak lagi bisa menggunakan akun Facebook untuk login di aplikasi lain. Beberapa informasi, seperti pesan yang dikirim kepada teman, mungkin masih bisa mereka lihat. Salinan pesan yang telah Anda kirim disimpan dalam kotak masuk teman pengguna.

Untuk itu, sebelum menghapus akun Facebook, Anda mungkin perlu login dan mengunduh salinan informasi Anda (seperti foto dan postingan) dari Facebook. Sebab, setelah akun terhapus, pengguna tidak bisa memulihkan data apa pun yang pernah ditambahkan.

Berikut langkah-langkah menghapus akun Facebook secara permanen:

  • Di profil utama, klik simbol panah ke bawah yang terletak di sisi kanan atas Facebook.
  • Pilih "Pengatran & Privasi", lalu klik "Pengaturan".
  • Klik "Informasi Facebook Anda" di kolom kiri. Jika memiliki akses Facebook ke halaman dengan pengalaman Halaman baru: klik "Privasi", lalu klik "Informasi Facebook Anda".
  • Ketuk "Penonaktifan dan Penghapusan".
  • Pilih "Hapus Akun", lalu klik "Lanjutkan ke Penghapusan Akun".
  • Klik "Hapus Akun", masukan kata sandi dan klik "Lanjutkan".

Pengguna masih bisa membatalkan penghapusan akun jika hal tersebut dilakukan kurang dari 30 hari sejak pengguna menghapus akun. Setelah lewat tenggat waktu tersebut, seluruh informasi akan terhapus permanen dan tidak bisa diambil kembali.

Untuk membatalkan penghapusan akun, login ke akun Facebook dalam 30 hari setelah penghapusan akun Anda, dan klik "Batalkan Penghapusan".

Cara Nonaktifkan Akun Facebook Sementara

Selain menghapus akun secara permanen, pengguna dapat menonaktifkan akun untuk sementara dan memilih kembali lagi kapan pun mereka mau. Berikut cara menonaktifkan akun sementara:

  • Di halaman profil, klik tanda panah ke bawah yang terletak di sisi kanan atas Facebook.
  • Klik "Pengaturan & Privasi" dan pilih "Pengaturan".
  • Pilih "Informasi Facebook Anda" di kolom kiri. Jika memiliki akses Facebook ke halaman dengan pengalaman halaman baru: klik "Privasi" > "Informasi Facebook Anda".
  • Klik "Penonaktifan dan Penghapusan".
  • Pilih "Nonaktifkan Akun" dan klik "Lanjutkan ke Penonaktifan Akun". Selanjutnya, ikuti petunjuk untuk mengonfirmasi.

Apabila akun dinonaktifkan, maka tidak seorang pun bisa melihat profil Anda. Beberapa informasi, seperti pesan yang dikirimkan ke teman mungkin masih bisa dilihat.

Halaman yang adminya hanya Anda juga akan dinonaktifkan. Dengan demikian, orang lain tidak dapat melihat atau menemukan Halaman Anda jika mereka mencarinya. Jika tidak ingin Halaman dinonaktifkan, Anda bisa memberikan kontrol penuh kepada orang lain.

Perlu diingat, Messenger akan tetap aktif jika pengguna memilih untuk tetap mengaktifkannya. Anda juga masih bisa mengobrol dengan teman di Messenger.

Jika hendak mengaktifkan kembali akun Facebook, gunakan akun Facebook untuk login di Facebook atau di situs lain. Anda harus memiliki akses ke email atau nomor ponsel yang dipakai untuk login agar bisa menyelesaikan pengaktifan ulang.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait