Memahami Cara Daftar MyPertamina untuk Pemula

Berikut sejumlah cara daftar MyPertamina untuk membeli bahan bakar solar dan pertalite bersubsidi.
Image title
6 Juli 2022, 11:03
cara daftar MyPertamina
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/rwa.
Ilustrasi, petugas membantu warga mendaftar aplikasi MyPertamina, agar bisa melakukan pembelian BBM subsidi di salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Manado, Sulawesi Utara.

Cara daftar MyPertamina agaknya bakal menjadi informasi yang paling dicari saat ini. Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mengeluarkan aturan agar masyarakat membeli bahan bakar bersubsidi jenis pertalite dan solar dengan aplikasi MyPertamina.

Mengutip pertamina.com, MyPertamina adalah aplikasi layanan keuangan digital dari PT Pertamina dan perusahaan berstatus BUMN lainnya, yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran bahan bakar minyak secara non-tunai di stasiun pengisian bahan bakar umum Pertamina.

Oleh karena itu, cara daftar MyPertamina menjadi hal penting yang harus diketahui oleh semua kalangan, terutama para pengguna pemula. Berikut cara daftar aplikasi MyPertamina yang dilansir dari sejumlah sumber.

Cara Daftar MyPertamina

Bagi Anda para pengguna kendaraan bermotor yang lebih memilih mengonsumsi bahan bakjar minyak (BBM) bersubsidi, maka harus mengetahui cara daftar MyPertamina. Aplikasi besutan Pertamina ini bisa diinstal dan digunakan di ponsel atau personal computer (laptop maupun desktop).

Advertisement

Tujuan pembelian BBM bersubsidi dengan aplikasi MyPertamina adalah, agar subsidi BBM bisa tepat sasaran. Selama ini, BBM jenis Solar dan Pertalite, diberikan subsidi oleh pemerintah menggunakan dana yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Alur dan Tata Cara Daftar MyPertamina

1. Persyaratan Identitas

Alur pertama cara daftar MyPertamina adalah, menyiapkan identitas yang diperlukan, yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Tanda Nomor Kendarakan (STNK), foto kendarakan, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Mendaftar via Situs

Langkah berikutnya dalam cara daftar MyPertamina adalah, masuk ke situs subsiditepat.mypertamina.id, kemudian mencentang informasi setelah memahami persyaratannya. Lalu, klik DAFTAR SEKARANG, dan mengikuti arahan untuk menyelesaikan input data.

3. Menunggu Pencocokan Data

Apabila sudah melakukan input data sesuai dengan instruksi yang tertera dalam situs resmi, cara daftar MyPertamina berikutnya adalah, menunggu pencocokan data yang maksimal dilakukan selama tujuh hari kerja. Pencocokan data akan dilakukan pada alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Jangan lupa untuk mengecek status pendaftaran di website secara berkala. Pada alur terakhir cara daftar MyPertamina ini, Anda harus mengunduh kode QR, yang diperlukan untuk mengecek status pendaftaran secara berkala.

Cara Membeli Pertalite Menggunakan MyPertamina

Untuk membeli BBM jenis Pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Mengunduh aplikasi MyPertamina lewat Google Play Store atau App Store.
  2. Masukkan data lengkap, termasuk nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan mengatur PIN keamanan transaksi.
  3. Lakukan aktivasi MyPertamina, dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  4. Login ulang akun dengan memasukkan nomor telepon dan PIN.
  5. Hubungkan akun MyPertamina ke akun LinkAja.
  6. Apabila sudah berhasi dan saldo di LinkAja cukup, maka pembayaran sudah bisa langsung dilakukan. Pada halaman utama klik BAYAR untuk membayarnya.
  7. Arahkan kamera ponsel pada mesin EDC SPBU Pertamina, lalu scan QR code akan ditampilkan.
  8. Apabila harga dan jumlah liter BBM subsidi pertalite yang muncul sudah sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik BAYAR untuk langsung membayarnya.
  9. Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN akun LinkAja.
  10. Pembeli akan menerima notifikasi pembayaran BBM subsidi telah berhasil.

Cara Membeli Solar Menggunakan MyPertamina

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membeli Solar dengan menggunakan aplikasi MyPertamina adalah sebagai berikut:

  1. Mengunduh aplikasi MyPertamina lewat Google Play Store atau App Store.
  2. Masukkan data lengkap, termasuk nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan mengatur PIN keamanan transaksi.
  3. Lakukan aktivasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  4. Login ulang akun dengan memasukkan nomor telepon dan PIN.
  5. Hubungkan akun MyPertamina ke akun LinkAja.
  6. Apabila sudah berhasi dan saldo di LinkAja cukup, pembayaran sudah bisa langsung dilakukan. Pada halaman utama klik BAYAR untuk membayarnya.
  7. Arahkan kamera ponsel pada mesin EDC SPBU Pertamina, lalu scan QR code yang ditampilkan.
  8. Apabila harga dan jumlah liter BBM subsidi solar yang muncul sudah sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik BAYAR untuk langsung membayarnya.
  9. Kemudian, konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN akun LinkAja.
  10. Pembelian selesai, dan pembeli akan menerima notifikasi pembayaran BBM subsidi telah berhasil.

Demikianlah alur dan tata cara daftar MyPertamina, serta cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membeli BBM bersubsidi melalui aplikasi MyPertamina.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait