7 Contoh Surat Pengantar dan Cara Penulisannya

Dwi Latifatul Fajri
7 Juli 2022, 12:49
surat pengantar
Unsplash/Van Tay Media
Ilustrasi, surat pengantar.

Surat pengantar adalah jenis surat resmi yang digunakan untuk mengantar barang atau naskah. Surat pengantar ditandatangani oleh pejabat institusi yang memiliki wewenang, tanggung jawab, dan tugas.

Gaya bahasa baku digunakan untuk penulisan isi surat. Surat pengantar ini menjadi surat penting dalam birokrasi dan instansi. Fungsi surat pengantar yaitu menyampaikan pesan untuk kepentingan instansi.

Advertisement

Selain institusi, surat pengantar bisa digunakan untuk keperluan sekolah, lingkungan, instansi pemerintah, dan tujuan sosial. Contohnya mahasiswa memberikan surat pengantar dari instansi untuk penelitian.

Format Surat Pengantar

Surat pengantar termasuk surat resmi yang memiliki kepala surat, tanda tangan, bahasa baku, dan isi surat jelas. Berikut format penulisan surat pengantar:

1. Kepala Surat

  • Kop Surat

Bagian kop surat berada paling atas. Ada kop naskah dinas yang berisi logi, nama instansi, alamat, dan kontak yang dihubungi. Penulisan kop surat diletakkan di tengah margin, ditulis menggunakan huruf kapital.

  • Nomor Surat Pengantar

Susunan penomoran surat pengantar berada di bawah kop surat. Susunan penomoran ini terdiri dari nomor naskah, kode klasifikasi arsip surat dinas, bulan (ditulis dalam dua digit), tahun terbit, tanggal, serta nama jabatan dan alamat yang dituju.

  • Contoh format penulisan nomor surat pengantar yaitu:

Nomor 12/PT.01/02/2015

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement