Memahami Sikap dan Teknik Dasar Pencak Silat

Image title
7 Juli 2022, 15:01
pencak silat
ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/pras.
Ilsutrasi, atlet Pencak silat nasional asal dari Sumatera Barat Suci Wulandari (kiri) bersama adiknya Yuni Utari (kanan) berlatih secara mandiri di Limau Manih, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat.

Pencak silat atau silat "berkelahi dengan menggunakan teknik pertahanan diri" adalah seni bela diri yang secara luas dikenal di Indonesia. Dahulu, latihan pencak silat diajarkan bersamaan dengan pelajaran agama di surau-surau.

Seiring waktu, seni bela diri ini berkembang bukan hanya sekadar ilmu bela diri dan seni tradisi rakyat, tetapi menjadi bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah.

Advertisement

Selain itu, pencak silat juga menjadi bagian dari latihan spiritual dan kejuaraan yang dipertandingkan. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Aspek Utama Pencak Silat

Terdapat empat aspek utama dalam seni bela diri Pencak Silat, yaitu:

  • Aspek mental spiritual: Membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang untuk mencapai tingkat tertinggi keilmuannya.
  • Aspek seni budaya: Budaya dan permainan "seni" pencak silat adalah aspek yang penting dalam menggambarkan bentuk seni tarian yang dipadukan dengan musik dan busana tradisional.
  • Aspek bela diri: Kepercayaan dan ketekunan diri dalam menguasai ilmu bela diri dalam pencak silat cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis pencak silat dalam fungsinya.
  • Aspek olahraga: Pesilat mencoba menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Aspek olahraga meliputi pertandingan dan pertunjukan bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda, maupun beregu.

Sikap Dasar Pencak Silat

Mengutip buku "Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA/SMK" oleh Limart Darwin, sikap dasar pencak silat dibagi menjadi enam, yaitu:

1. Sikap Berdiri

Sikap berdiri dibagi menjadi tiga, yaitu berdiri tegak, kangkang, dan kuda-kuda.

2. Sikap Jongkok

Ada dua macam sikap jongkok, yaitu sikap jongkok dan jengkeng. Dalam sikap jongkok, keseimbangan harus tetap terjaga dengan baik.

3. Sikap Duduk

Untuk permainan bawah, ada lima sikap, yaitu duduk, sila, simpuh, sempok/depok, dan trapsila/mengorak sila.

4. Sikap Berbaring

Sikap berbaring terdiri atas tiga bentuk, yaitu berbaring telentang, berbaring miring, dan berbaring telungkup.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement