Memahami Cara Pindah Faskes BPJS Secara Online dan Offline

Image title
13 Juli 2022, 10:40
cara pindah faskes BPJS, BPJS Kesehatan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Ilustrasi, petugas melayani warga di loket BPJS Kesehatan.

Cara pindah faskes BPJS Kesehatan bisa menjadi informasi yang berguna, terutama bagi seseorang sebagai peserta BPJS Kesehatan merasa fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang sudah dipilih kurang tepat atau tidak sesuai ekspektasi.

Penyebab perpindahan faskes ini bisa bermacam-macam. Misalnya, faskes yang menjadi pilihan ternyata tidak menyediakan sejumlah fasilitas dan alat kesehatan yang mumpuni.

Advertisement

Bagaimana cara pindah faskes BPJS Kesehatan, dan apa syarat yang harus dipenuhi? Simak Ulasan singkat berikut ini, yang dilansir dari Alodokter.com.

Syarat Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Sebelum mengetahui cara pindah faskes BPJS Kesehatan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa syarat yang diperlukan. Adapun, syarat utama yang wajib dipenuhi adalah harus merupakan peserta aktif BPJS Kesehatan minimal tiga bulan. Jika belum memenuhi persyaratan tersebut, seseorang tidak akan diperbolehkan untuk pindah faskes BPJS Kesehatan.

Meski demikian, perubahan faskes tetap dapat dilakukan meski peserta belum terdaftar selama tiga bulan dengan dua persyaratan berikut:

  1. Peserta BPJS pindah domisili dengan melampirkan surat keterangan domisili
  2. Peserta BPJS dalam penugasan dinas atau pelatihan dengan melampirkan surat keterangan
  3. Selain itu, ada beberapa dokumen wajib yang perlu Anda siapkan sebagai syarat pindah faskes BPJS Kesehatan.

Peserta BPJS Kesehatan yang ingin memindahkan faskes pilihannya juga harus mempersiapkan beberapa dokumen. Dokumen yang perlu dipersiapkan untuk pindah faskes, antara lain:

  • KTP yang masing berlaku
  • Kartu peserta BPJS Kesehatan
  • Kartu Keluarga
  • Bukti bayar sampai bulan pelaporan jika ingin pindah kelas
  • Bagi PNS, TNI, POLRI, serta Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) perlu menyertakan daftar kolektif gaji
  • Fotokopi buku rekening apabila Anda ingin pindah dari kelas 3 menjadi kelas 1 atau 2

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online

Mengganti faskes BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara daring atau online, dan caranya pun mudah. Berikut ini adalah beberapa cara pindah faskes BPJS secara online, yang dapat Anda pilih.

1. Aplikasi Mobile JKN

Cara pindah faskes BPJS yang pertama bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play maupun Apple App Store.

Anda hanya perlu masuk atau login setelah membuka aplikasi tersebut, pilih “Ubah Data Peserta,” klik nama peserta yang ingin ganti faskes BPJS.Pilih fasilitas kesehatan tingkat 1 yang Anda ubah. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa data telah berhasil diubah.

Cara pindah faskes BPJS via online ini tergolong praktis, tetapi hanya dapat dilakukan paling cepat tiga bulan sekali. Oleh karenanya manfaatkan da perhatikan dengan sama.

2. BPJS Kesehatan Care Centre

Cara ganti faskes BPJS Kesehatan ini bisa juga dianggap sebagai online karena Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang terdekat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement