12 Cara Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

Image title
13 Juli 2022, 14:30
cara menghilangkan kantuk saat bekerja
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi, seseorang tertidur saat bekerja.

Bagi sebagian orang, tetap terjaga dan semangat ketika bekerja terkadang sulit untuk dilakukan, apalagi saat bekerja lembur atau melakukan banyak tugas sekaligus. Merasa lelah dan mengantuk saat bekerja adalah hal yang wajar, namun jika berlangsung terus-menerus dapat mengganggu produktivitas dan kinerja.

Mengantuk saat bekerja dapat memengaruhi kualitas kerja. Anda juga sangat mungkin melewati tenggat waktu yang sudah ditentukan atau ketinggalan beban kerja. Selain tidak nyaman, sering mengantuk saat bekerja juga bisa mengancam karier seseorang.

Penyebab Seseorang Mengantuk saat Bekerja

Mengutip everydayhealth.com, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengantuk saat bekerja, yaitu:

  • Kurang Tidur: Bangun dengan rasa lelah dan gelisah adalah gejala kurang tidur. Kurang tidur berpotensi mempersingkat waktu reaksi, meningkatkan temperamen, dan mengurangi kinerja fisik.
  • Kualitas Tidur yang Buruk: Sering berguling-guling, merasa khawatir, dan masalah fisik lainnya dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang buruk.
  • Rasa Bosan: Rasa bosan terhadap pekerjaan juga dapat membuat seseorang merasa lelah dan mengantuk ketika bekerja.
  • Kurangnya Aktivitas Fisik: Duduk terlalu lama di meja kerja atau di hadapan komputer dapat menyebabkan kelelahan yang intens.
  • Kebiasaan Makan Tidak Teratur: Mengonsumsi makanan sehat secara teratur membantu menjaga tingkat energi tetap tinggi.
  • Kebiasaan Tidur Siang: Jika terbiasa tidur siang, tubuh akan merasa lelah dan mengantuk di siang hari.
  • Stres: Stres menyebabkan kualitas tidur seseorang memburuk.
  • Kurang Minum Air Putih: Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membuat tubuh lebih berenergi.

Cara Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

Meneruskan Medical News Today, Healthline, dan beberapa sumber terkait lainnya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja.

1. Kafein

Kafein adalah stimulan yang sangat populer dan dapat ditemukan dalam secangkir kopi. Kafein dalam kopi dapat membantu tubuh tetap terjaga. Hanya saja setelah efeknya hilang, energi pun menjadi surut.

Untuk itu, beberapa orang mengganti kopi dengan minuman lain yang mengandung lebih sedikit kafein, seperti teh. Teh memiliki efek stimulasi yang lebih lembut dibanding kopi yang dapat membantu mengurangi penurunan dan puncak energi yang dialami seseorang sepanjang hari.

2. Tidur Sebentar

Ini adalah cara efektif untuk menghilangkan kantuk saat bekerja. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur sebentar sebelum melanjutkan aktivitas dan pekerjaan Anda.

Anda bisa merebahkan kepala di atas meja kerja, atau bersandar di sandaran kursi. Tidur siang selama 15 sampai 30 menit dapat memberi energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Namun jangan lupa untuk memasang alarm supaya Anda tidak bangun kesiangan.

3. Jalan-jalan di Pagi Hari

Menghirup udara segara dan menggerakan tubuh sebelum bekerja dapat membantu Anda tetap terjaga sepanjang hari. Berjalan di pagi hari sangat efektif untuk meningkatkan kualitas bekerja di siang hari.

4. Tidur Cukup di Malam Hari

Kurang tidur di malam hari adalah penyebab terbesar seseorang merasa mengantuk ketika bekerja di siang hari. Orang dewasa memerlukan waktu tidur yang cukup, yakni sekitar 7-9 jam setiap malamnya.

Memeroleh waktu tidur yang cukup setiap malam dapat membantu tubuh menyeimbangkan tingkat energi. Untuk itu, cobalah untuk mengubah pola tidur dan menjalaninya secara teratur untuk membantu tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup.

5. Pergi Keluar

Ritme sikardian merupakan jam internal yang mengatur proses penting dan fungsi tubuh, termauk kapan waktunya bangun dan kapan waktunya tidur. Ritme ini bekerja sama dengan otak dan dipengaruhi langsung oleh isyarat lingkungan, terutama cahaya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...