Sentralisasi Adalah Pemusatan Wewenang, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dwi Latifatul Fajri
14 Juli 2022, 13:32
sentralisasi adalah
ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA /HP/dj
Ilustrasi, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara pada pertemuan politburo Partai Buruh. Korea Utara adalah contoh negara yang menerapkan sistem pemerintahan sentralistis, di mana seluruh kewenangan ditempatkan pada pemerintah pusat.

Istilah sentralisasi dan desentralisasi berkaitan dengan sistem pemerintahan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sentralisasi adalah penyatuan segala sesuatu ke tempat yang dianggap sebagai pusat. Dalam sistem pemerintahan, sentralisasi berkaitan dengan wewenang pemerintah pusat.

Ada juga desentralisasi yaitu pendelegasian wewenang untuk membuat keputusan. Istilah sentralisasi dan desentralisasi ini ada dalam organisasi dan sistem pemerintahan.

Pengertian Sentralisasi

Secara etimologi, kata desentralisasi berasal dari bahasa Inggris, yakni "centre", yang artinya pusat atau tengah. Secara terminologi, sentralisasi adalah pola kenegaraan yang memusatkan seluruh pengambilan keputusan politik, ekonomi, dan sosial di satu tempat, yakni pemerintah pusat.

Pengertian tersebut berdasarkan pandangan B.N Marbun dalam buku "Kamus Politik". Adanya sentralisasi membuat pemerintah pusat memiliki wewenang terbesar, di mana pemerintah pusat mengeluarkan keputusan dan kebijakan sesuai undang-undang.

Contoh sentralisasi adalah sistem pemerintahan lama Indonesia di era Orde Baru, yang menempatkan seluruh kekuasaan di pemerintah pusat. Dewasa ini, banyak negara yang masih menerapkan sistem pemerintahan sentralistis. Misalnya, Tiongkok dan Korea Utara.

Sentralisasi memiliki kelemahan yaitu pemerintah pusat yang punya kebijakan dan pengambilan keputusan. Hal ini dapat menguntungkan satu pihak dan waktu keputusan lebih lama.

Dari penjelasan diatas, sentralisasi adalah pemusatan semua kewenangan pemerintah baik itu politik dan administrasi di pemerintah pusat. Kewenangan politik yaitu kewenangan untuk membuat kebijakan, sedangkan kewenangan administrasi adalah kewenangan melaksanakan kebijakan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...