Manfaat Penelitian Adalah Elemen Kunci Karya Ilmiah, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
15 Juli 2022, 15:22
manfaat penelitian adalah
pixabay.com/StartupStockPhotos
Ilustrasi, seseorang sedang mengerjakan karya ilmiah.

Manfaat penelitian adalah uraian untuk menunjukkan bahwa suatu masalah layak diteliti, serta untuk menunjukkan signifikansi masalah yang akan diteliti. Pembahasan mengenai manfaat penelitian ini, kerap dijumpai dalam karya ilmiah, seperti skripsi, laporan magang, dan tesis.

Pada karya ilmiah skripsi misalnya, manfaat penelitian menjadi bagian yang sangat penting. Skripsi termasuk karya ilmiah yang terdiri dari beberapa bab. Pada bab pertama yaitu latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Bagian bab pertama ini berperan penting sebagai gambaran umum dan alasan pemilihan topik.

Pengertian Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian adalah penegasan dan harapan peneliti, tentang hasil yang didapatkan dalam penelitian memberi manfaat atau kegunaan secara akademik dan praktis. Manfaat penelitian disebut juga kegunaan penelitian.

Dalam buku Metodologi Penelitian Pegangan untuk Menulis Karya Ilmiah, ada dua kategori manfaat penelitian yaitu teoritis (akademik) dan praktis (pragmatis). Secara akademis, manfaat penelitian berhubungan dengan kontribusi peneliti dalam pengembangan teori dan pengetahuan. Sedangkan manfaat praktis, menjelaskan tentang hasil penelitian yang berguna sebagai penunjang pengambilan keputusan.

Selain manfaat penelitian, ada tujuan penelitian yaitu target atau sasaran yang diperoleh dari kegiatan penelitian. Penjelasan tujuan penelitian ini harus spesifik, jelas, dan tegas. Artinya tidak mengundang perbedaan arti. Sedangkan manfaat penelitian untuk menjelaskan kegunaan, pemecahan masalah, dan tidak mengada-ada atau melebihkan hasil penelitian.

Jenis Manfaat Penelitian

1. Manfaat Teoritis

Menjelaskan manfaat penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Fungsi manfaat teoritis untuk menjelaskan apakah teori dari peneliti sebelumnya masih relevan dipakai, umum, atau tidak sama sekali.

2. Manfaat Praktis

Penelitian dapat menyelesaikan masalah penelitian. Manfaat praktis ini dapat menjelaskan manfaat dan memecahkan masalah secara praktis. Contohnya saja jika ada masalah nilai mahasiswa rendah, maka manfaat praktisnya dapat meningkatkan nilai mahasiswa.

Contoh Manfaat Penelitian

Berikut beberapa contoh tujuan dan manfaat penelitian yang ditulis setelah rumusan masalah:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...