Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku dengan Mudah

Image title
18 Juli 2022, 11:38
cara membatalkan pesanan di Akulaku
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp
Ilustrasi, seseorang menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring.

Sama seperti e-commerce lainnya, Akulaku juga memiliki fitur pembatalan pesanan, yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya jika urung membeli barang tetapi sudah terlanjur melakukan pemesanan. Cara membatalkan pesanan di Akulaku cukup mudah, asalkan semua persyaratan sudah terpenuhi.

Akulaku merupakan salah satu platform jual-beli secara daring (online) atau e-commerce di Indonesia yang cukup populer. Pasalnya, startup ini tak hanya menghadirkan platform jual-beli, melainkan juga layanan finansial.

Advertisement

Seperti telah disebutkan, cara membatalkan pesanan di Akulaku cukup mudah. Berikut sejumlah cara melakukan pembatalan pesanan di Akulaku, serta persyaratan yang harus dipunhi untuk dapat melakukannya.

Syarat Membatalkan Pesanan di Akulaku

Sebelum mengetahui tata cara membatalkan pesanan di Akulaku, pengguna perlu untuk mengetahui dahulu syarat pembatalan pesanan. Ini bertujuan agar proses pembatalan bisa cepat ditangani dengan segera.

Berikut ini syarat yang harus hal yang harus diperhatikan sebelum membatalkan pesanan di Akulaku:

  1. Penjual tidak menunjukkan aktivitas yang menunjukkan tidak ada pemprosesan dalam jangka waktu lama terhadap produk yang dipesan.
  2. Mengkonfirmasi kesalahan barang seperti salah ukuran, warna maupun hal lainnya.
  3. Stok produk kosong, jika hal ini terjadi maka si pelapak atau penjual aktif akan langsung untuk menghubungi lewat WhatsApp sebagai bentuk konfirmasi.

Selain itu, pengguna juga perlu mengetahui jika proses pengajuan pembatalan pesanan akan tergantung pada pihak merchant yang bekerja sama dengan Akulaku. Sehingga proses membatalkan pesanan hanya dapat dilakukan oleh penjual yang menyetujuinya.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

Apabila pengguna sudah memahami apa saja syarat ketentuan sebelum membatalkan pesanan di Akulaku, maka selanjutnya tinggal mengetahui bagaimana cara untuk membatalkan pesanan.

Cara membatalkan pesanan di Akulaku dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama buka aplikasi Akulaku.
  2. Klik menu "Bills" untuk melihat limit sudah terpotong atau belum.
  3. Kemudian jika limit terpotong, klik "Pesananku", dan kemudian menunggu.
  4. Setelah itu, lihat "Hasil Pembayaran", yang meunjukkan pesanan akan di batalkan.
  5. Klik "Rincian Pesanan" untuk membatalkan pesanan.
  6. Klik "Konfirmasi".
  7. Langkah terakhir adalah kembali ke menu "Bills", di mana pengguna akan menerima informasi bahwa limit secara otomatis akan dikembalikan.
  8. Pesanan yang sudah dibayar dibatalkan.

Patut diingat, apabila akan membatalkan pesanan yang sudah dibayar, jangan terburu-buru melakukan pembatalan di Akulaku. Jika melakukan pembatalan pesanan yang sudah dibayar, maka proses refundnya akan lama. Oleh karena itu, lebih baik menunggu sampai pesanan itu diterima, baru melakukan pengajuan pembatalan pesanan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement