Mengenal Perbedaan Bachelor Degree dengan Jenjang Pendidikan Lain

Siti Nur Aeni
18 Juli 2022, 19:39
bachelor degree
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Ilustrasi, prosesi wisuda perguruan tinggi.

Setelah seseorang menamatkan pendidikan formal, maka yang bersangkutan akan mendapatkan gelar sesuai tingkat pendidikannya. Jika Anda menempuh pendidikan di luar negeri, maka Anda akan mendapatkan gelar seperti bachelor degree, undergraduate, graduate, dan postgraduate.

Lantas, apa yang membedakan keempat jenis gelar tersebut? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut.

Perbedaan Gelar Pendidikan di Luar Negeri

Jika menempuh pendidikan di luar negeri, maka Anda akan mendapatkan gelar yang dikenal dengan istilah degree. Gelar tersebut berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikannya. Berikut ini sejumlah gelar pendidikan di luar negeri yang perlu dimengerti.

1. Bachelor Degree

Bachelor degree artinya gelar yang diperoleh setelah seseorang menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi tingkat pertama atau S1. Seseorang yang mendapatkan gelar ini berarti sudah mempelajari dan menyelesaikan mata kuliah di perguruan tinggi.

Selain itu, seseorang yang mendapatkan gelar ini harus menyelesaikan pembelajaran di perguruan tinggi dalam kurun waktu kurang lebih empat tahun.

2. Undergraduate

Undergraduate merupakan gelar yang setara dengan diploma. Jenjang pendidikan diploma di luar negeri terdiri atas dua jenis yaitu Certificate dan Associate Degree. Certificate degree diperoleh setelah seseorang menempuh pendidikan selama satu tahun.

Sedangkan, untuk gelar Associate Degree didapatkan setelah seseorang menempuh pendidikan dua tahun. Di luar negeri, Associate Degree terrbagi menjadi empat jenis, antara lain; Associate of Arts (AA), Associate of Sciense (AS), Associate of Applied Arts (AAA), dan Associate of Applited Science (AAS).

Sama seperti gelar diploma pada umumnya, seseorang yang menempuh pendidikan di jenjang ini juga akan fokus pada pendidikan keterampilan. Pembelajaran ini sangat berguna untuk melatih seseorang yang ingin langsung bekerja selepas lulus kuliah.

Kuliah di jenjang pendidikan ini memiliki kurun waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan jenjang S1. SKS yang harus diselesaikan juga relatif lebih sedikit yaitu hanya sekitar 60 SKS.

3. Graduate

Jenis jenjang pendidikan selanjutnya yaitu graduate atau jenjang pendidikan lanjutan setelah bachelor degree (S1). Dengan kata lain graduate merupakan jenjang pendidikan untuk mendapatkan gelar master atau magister (S2).

Walaupun demikian, terdapat beberapa universitas di luar negeri yang mengelompokan gelas master dalam program postgraduated. Seseorang yang ingin mendapatkan gelar tersebut harus menempuh pendidikan selama kurang lebih satu hingga dua tahun. Gelar master juga hanya bisa diberikan kepada seseorang yang sudah mendapatkan gelar bachelor.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...