9 Kelebihan Fresh Graduate yang Menjadi Daya Tarik Bagi Perusahaan

Siti Nur Aeni
18 Juli 2022, 21:18
fresh graduate
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, sejumlah pekerja beraktivitas di ruang kerja.

Kita mungkin sering mendengar istilah fresh graduate. Istilah ini biasanya digunakan untuk menyebut seseorang yang baru lulus sekolah atau kuliah. Biasanya mereka yang disebut sebagai fresh graduate masih dalam masa pencarian kerja.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar definisi fresh graduate dan beberapa keunggulan yang dimiliki. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Pengertian Fresh Graduate

Secara bahasa, fresh graduate berasal dari bahasa Inggris dari kata fresh dan graduate. Fresh berarti baru, segar, atau bisa juga dimaknai sebagai belum memiliki pengalaman. Sedangkan graduate artinya lulus atau sudah lulus dari sebuah lembaga pendidikan.

Dalam dunia kerja, fresh graduate artinya seseorang yang baru saja lulus sekolah atau kuliah dan belum mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Sebenarnya tidak ada kriteria khusus untuk seseorang yang masuk dalam kelompok fresh graduate.

Ada yang beranggapan bahwa fresh graduate hanya untuk seseorang yang baru lulus dan belum pernah bekerja sama sekali. Akan tetapi, ada juga yang menganggap seseorang yang sudah bekerja namun masih di bawah satu tahun, masih dianggap sebagai lulusan baru atau fresh graduate.

Kelebihan Fresh Graduate

Seseorang yang belum memiliki pengalaman kerja biasanya sering dianggap remeh karena dianggap belum memiliki kemampuan yang mumpuni. Padahal, jika dilihat dari sisi positif, fresh graduate memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan individu yang sudah memiliki pengalaman kerja.

Lantas, apa saja kelebihan yang dimiliki lulusan baru? Mengutip dati glints.com, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Memiliki Semangat Belajar yang Baik

Seseorang lulusan baru biasanya memiliki semangat belajar yang baik. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk individu tersebut maupun perusahaan.

Sebagai karyawan yang belum berpengalaman, Anda bisa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru yang tidak diperoleh selama kuliah atau sekolah. Sementara itu, bagi perusahaan semangat belajar tersebut bisa memberikan ide yang segar untuk kemajuan perusahaan.

2. Memiliki Kemampuan Mendengarkan yang Baik

Keunggulan lain yang dimiliki oleh seorang fresh graduate yaitu mempunyai kemampuan mendengarkan yang sangat baik. Umumnya, perusahaan akan senang jika memiliki karyawan yang bisa menjadi pendengar yang baik.

Pasalnya, beberapa pekerjaan terkadang membutuhkan kerja sama tim. Artinya, dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, butuh kritik dan saran dari berbagai pihak yang terlibat. Jika karyawan bisa menjadi pendengar yang baik, tentu hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri untuk tim tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...